Sepakan Penalti Ansarifard Batalkan Kemenangan Portugal

Selasa, 26 Juni 2018 - 03:08 WIB
Sepakan Penalti Ansarifard Batalkan Kemenangan Portugal
Sepakan Penalti Ansarifard Batalkan Kemenangan Portugal
A A A
SARANSK - Tim nasional Iran gagal untuk melaju ke babak 16 besar, setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan Portugal di pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Cosmos Arena, Saranks, Rusia, Selasa (26/6) dini hari WIB.

Bermain jauh lebih dominan, Portugal tak mampu untuk membobol gawang Iran yang dikawal Alireza Beiranvand sepanjang paruh pertama.

Hingga akhirnya jelang turun minum, Ricardo Quaresma menjadi pemecah kebuntuan buat timnya. Sepakan kaki kanan sebelah luarnya dari depan kotak penalti bersarang ke pojok kanan gawang Beiranvand.

Berupaya untuk menambah perbendaharaan golnya, Selecao mencoba untuk menekan Tim Melli sejak awal babak kedua. Upaya skuat Portugal nyaris saja membuahkan hasil.

Saat babak kedua berjalan delapan menit, Portugal mendapat hadiah penalti, setelah Saeid Ezzatollahi melanggar Ronaldo di kotak terlarang. Sayangnya, Ronaldo yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya masih mampu digagalkan Alireza Beiranvand.

Kapten Portugal, Ronaldo di menit ke-83 memperoleh kartu kuning, karena menyikut wajah Morteza Pouraliganji. Kartu kuning itu diberikan, setelah wasit Enrique Caceres dari Paraguay dibantu tayangan VAR.

Berdasar dari VAR juga, Iran akhirnya mendapat hadiah tendangan penalti di masa injury time. Cedric Soares dinilai melakukan handsball di dalam kotak penalti.

Pemain pengganti, Karim Ansarifard tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Eksekusi pemain bernomor punggung 10 itu berhasil bersarang di dalam gawang Rui Patricio. Pertandingan pun berakhir dengan keadaan 1-1.

Dalam papan klasemen terakhir Grup B, Iran berada di urutan ketiga dengan koleksi empat poin. Portugal, yang mengumpulkan poin enam, menempati posisi kedua dengan poin yang sama dengan pemuncak Spanyol.

Spanyol pada waktu yang sama nyaris menderita kekalahan saat menghadapi Maroko. Beruntung juara 2010 itu mencetak gol di menit akhir, sehingga memaksakan hasil imbang 2-2 kontra Maroko. (Baca selengkapnya: Gol Pemain Pengganti Selamatkan Spanyol dari Kekalahan )

Susunan pemain Iran versus Portugal

Iran (4-1-4-1)
Alireza Beiranvand; Ramin Rezaeian, Majid Hosseini, Morteza Pouraliganji, Ehsan Haji Safi (Milad Mohammadi 56'); Saeid Ezzatollahi (Karim Ansarifard 76'); Alireza Jahanbakhsh (Saman Ghoddos 70'), Mehdi Taremi, Omid Ebrahimi, Vahid Amiri; Sardar Azmoun.
Pelatih: Carlos Queiroz.

Portugal (4-4-2)
Rui Patricio; Raphael Guerreiro, Jose Fonte, Pepe, Cedric Soares; Joao Mario (Joao Moutinho 84'), Adrien Silva, William Carvalho, Ricardo Quaresma (Bernardo Silva 70'); Cristiano Ronaldo, Andre Silva (Goncalo Guedes 90').
Pelatih: Fernando Santos.
Statistik PertandinganIranPortugal
Penguasaan bola33 persen67 persen
Tendangan sudut15
Tembakan tepat sasaran24
Tembakan melebar57
Pelanggaran1611
Offside11
Kartu kuning24
Kartu merah--
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4966 seconds (0.1#10.140)
pixels