TNI Siap Gelar Maraton Akbar Guna perkenalkan Mandalika

Rabu, 27 Juni 2018 - 12:56 WIB
TNI Siap Gelar Maraton Akbar Guna perkenalkan Mandalika
TNI Siap Gelar Maraton Akbar Guna perkenalkan Mandalika
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap menggelar event kompetisi lari berskala internasional di Pantai Kuta, The Mandalika, Lombok, pada 23 September 2018 mendatang. Selain dalam rangka memperingati HUT Ke- 73, event yang ditargetkan diikuti 10.000 perlari itu juga bertujuan memperkenalkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Ketua Panitia Brigjen TNI Mochamad Hasan (Kadisjasad) mengatakan, penyelenggara kompetisi lari berskala internasional bertema The Indonesia National Armed Forces Internasional Marathon 2018siap dilaksanakan. Menurutnya, segala persiapan pergelaran sudah sangat siap. Apalagi penyelenggaraan ini bekerjasama dengan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang destinasi wisata, ITDC.

"Jadi bukan hanya peringatan HUT TNI, event dengan total hadiah Rp 10 Miliar ini bertujuan untuk mendukung pemerintah mengembangkan bibit pelari dan memperkenalkan destinasi wisata," kata Mochamad Hasan di salah satu tempat makan pusat perbelanjaan kawasan Senayan.

Hasan menjelaskan, kompetisi lari yang terbuka bagi pelari Indonesia dan mancanegara ini meliputi empat cabang kategori lari, yakni 5K untuk putra-putri pelajar dan Nasional; 10 K untuk putra-putri master, nasional dan TNI-polri; 21 K untuk putra-putri master, TNI-Polri, Nasional dan Internasional; serta 42 K untuk putra-putri nasional dan internasional.

Di samping besarnya hadiah yang disiapkan dalam perlombaan ini, para peserta juga dapat menyaksikan berbagai hiburan menarik seperti static demo atau pameran alutista TNI dan persembahan kesenian-kesenian khas Lombok yang memukau. Bahkan, para peserta juga akan dimanjakan dengan keindahan alam dan situs-situs wisata bertaraf internasional-The mandalika, Lombok.

"Juara pertama berkisar dari Rp 55 Juta hingga Rp 146 juta untuk masing-masing kategori. Kami optimis dengan dukungan dari berbagai komponen masyarakat, event ini dapat menumbuhkan perekonomian di Mandalika," pungkasnya.

Jumlah pserta yang mendaftar sejak 9 Juni lalu, kata Hasan sangat signifikan. Tak ketinggalan, para atlet elit nasional dan internasional seperti Agus Prayogo, Atjong Tio Purnama, dan Odekta Vina juga akan hadir dan berpartisipasi memeriahkan kompetisi bergengsi tersebut.

"Pendaftaran dibukan mulai 9 Juni lalu pukul 00.00 pada oficial website the Indonesia National Armed Forces Internasional Marathon 2018-WWW.tnimarathon.com," ujarnya.

Agus Prayogo yang hadir dalam acara jumpa pers berharap event ini konsisten dan menjadi event tahunan yang digelar di Indonesia. Sebab, event akbar kali pertama ini sudah dimimpikan dirinya sejak 10 tahun lalu bergabung dengan TNI. Menurutnya, olahrga lari bukan hanya mampu memberikan kesehatan, namun dapat memperkenalkan destinasi wisata.

"Sejak 10 tahun lalu saya bergabung dengan TNI dan telah mengikuti tujuh event lari militer di beberapa negara. Saya bermimpi kapan Indonesia bisa mengadakan event lari bertaraf internasional dan akhirnya sebentar lagi akan terwujud," tegasnya.

Senada dengan Agus, Atjong Tio Purnama melihat dari hadiah dan pendaftaran yang murah, event ini sangat bertujuan untuk memasyaratkan olahraga dan mengembangkan destinasi wisata yang ada. "Lari banyak manfaatnya, termasuk promosi," ungkapnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3946 seconds (0.1#10.140)