Kalahkan Inggris, Belgia Tantang Jepang di Babak 16 Besar

Jum'at, 29 Juni 2018 - 02:52 WIB
Kalahkan Inggris, Belgia Tantang Jepang di Babak 16 Besar
Kalahkan Inggris, Belgia Tantang Jepang di Babak 16 Besar
A A A
KALININGRAD - Timnas Belgia keluar sebagai juara Grup G setelah mengalahkan Inggris dengan skor tipis 1-0 di Kaliningrad Stadium, Jumat (29/6/2018) dini hari WIB. Tim besutan Roberto Martinez nantinya akan berhadapan dengan Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Laga Inggris versus Belgia sebenarnya hanya menentukan posisi juara dan runner up Grup G saja. Mengingat dua kesebelasan sama-sama sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar usai mengemas dua kemenangan di laga sebelumnya melawan Panama dan Tunisia.

Meskipun tak terlalu berpengaruh pada hasil, namun pertandingan terakhir Grup G tetap berlangsung panas. Sebanyak 25 peringatan telah dikeluarkan wasit Damir Skomina dan dua kartu kuning di antaranya keluar dari saku juru pengadil asal Slovenia tersebut.

Kedua kartu kuning itu masing-masing diterima Youri Tielemans (19') dan Leander Dendoncker (33'). Kendati pertandingan berlangsung dengan tensi tinggi, namun Belgia mampu mencuri satu gol.

Adalah Adnan Januzaj, yang sukses memecah kebuntuan Belgia pada menit 51 setelah sepakan kaki kirinya tak mampu dibendung kiper Jordan Pickford. Ini merupakan gol perdana pemain punggung 18 dalam penampilan kesembilannya untuk tim nasional.

Gol Januzaj sekaligus menjadi yang kesembilan buat Belgia di fase Grup G. Secara perhitungan jumlah gol tim berjuluk Red Devils merupakan salah satu timnas paling subur dalam hal mencetak gol.

Bagi Inggris, ini adalah pertama kalinya dalam 15 penampilan di Piala Dunia bahwa Tiga Singa gagal menjaga clean sheet di fase grup. Beralih ke pertandingan, meskipun Inggris berusaha menyamakan kedudukan dengan memasukkan Danny Welbeck di menit 79, namun hingga pertandingan usai skor 1-0 untuk kemenangan Belgia tak berubah.

Dengan demikian, Belgia lolos ke babak sistem gugur sebagai juara grup dengan raihan sembilan poin. Di babak 16 besar, Belgia bakal menantang runner up Grup H, Jepang. Sementara Inggris yang mengoleksi enam poin bakal melawan Kolombia.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8427 seconds (0.1#10.140)
pixels