Jersey Timnas Nigeria, Sensasi Piala Dunia 2018

Jum'at, 29 Juni 2018 - 13:15 WIB
Jersey Timnas Nigeria, Sensasi Piala Dunia 2018
Jersey Timnas Nigeria, Sensasi Piala Dunia 2018
A A A
MOSKOW - Nigeria boleh saja angkat kaki dari Rusia setelah gagal melaju ke babak gugur Piala Dunia 2018. Namun, jersey mereka terus melegenda dan permintaan akan kostum dengan desain unik tersebut terus meroket.Ketika jersey Super Eagles yang disuplai Nike hilang di pasaran, kostum palsu pun meraja rela. Saking banyaknya peminat, Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF) melaporkan kini Nike menerima pre-order 3 juta lembar kostum Nigeria.

Gol indah Ahmed Musa ke gawang Islandia dan bagaimana para Super Eagles melakukan selebrasi turut mengangkat harkat jersey tersebut. “Tak bisa disangkal kostum itu menjadi salah satu sensasi Piala Dunia 2018. Itu adalah jersey terbaik. Must have item ,” ujar Nicholas, seorang suporter asal Jerman. Ingat bagaimana sensasionalnya kostum papan catur Kroasia pada Piala Dunia 1998? Kehebohan yang lebih besar terjadi di Rusia lantaran kostum Nigeria.

Jersey Timnas Nigeria, Sensasi Piala Dunia 2018


Sebenarnya ketika diluncurkan Nike pada Februari tahun ini, kostum Musa dkk sudah mencuri perhatian pemuja sepak bola. Nike meluncurkan kostum Nigeria berbarengan dengan Inggris. Reaksi berbeda langsung terlihat. Jersey si Elang Super sangat mencolok dengan warna dasar putih dan desain etnik hijau neon. Sementara kostum pasukan Gareth Southgate amat sederhana. Bukan hanya pendukung Musa dkk yang antre mendapatkan kostum tersebut saat beberapa store Nike mulai menjualnya awal bulan ini. Di Nigeria, kostum Super Eagles ini sudah seperti baju kebangsaan. Bahkan, bukan hanya Nigeria, beberapa negara Afrika juga menunjukkan kecintaannya kepada kostum ini.

Penyerang Gabon Pierre-Emerick Aubameyang yang negaranya tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 sempat terlihat mengenakan kostum indah ini. Meningkatnya permintaan akan kostum Nigeria membuat sejumlah pihak mengeruk keuntungan. Bagi yang sudah punya, mereka melegonya di berbagai situs dengan harga berkalikali lipat.
Seorang pebisnis jersey di Lagos, Nigeria, mengatakan baru kali ini dia mendapatkan request kostum hingga 1.000 kali lipat. Bahkan, pabrik pembuat kostum palsu di China dan Thailand sudah memproduksi jersey Nigeria dengan berbagai grade kemiripan.

“Kostum grade AAA buatan Thailand sekilas mirip dengan yang asli. Tapi dari dekat terlihat palsunya, dari tekstur bahan,” ujar Alex. Nike membanderol kostum Nigeria senilai USD90 (Rp1,2 juta), harga yang mayoritas warga negara tersebut tak mampu membeli. Tak heran bila jersey palsu jadi pilihan.
“(Kostum palsu) Harganya 7.000 Naira (USD19, Rp270.000) tapi karena request meningkat harganya jadi 15.000 Naira (USD41, Rp600.000). Permintaan jersey palsu bukan hanya dari Nigeria, tapi juga dari Spanyol, Denmark, Dubai, Afrika Selatan, India, juga Mesir,” ungkap Alex.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6967 seconds (0.1#10.140)