Preview Uruguay vs Portugal: Laga dan Ujian Sesungguhnya

Sabtu, 30 Juni 2018 - 07:08 WIB
Preview Uruguay vs Portugal: Laga dan Ujian Sesungguhnya
Preview Uruguay vs Portugal: Laga dan Ujian Sesungguhnya
A A A
SOCHI - Uruguay dan Portugal akan bentrok pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Fisht Stadium, Minggu (01/07/2018) dini hari WIB. Duel ini merupakan ujian sesungguhnya untuk kedua tim.

Uruguay melenggang ke babak 16 besar dengan catatan apik. Bersama Kroasia, mereka merupakan tim yang selalu menang dalam tiga laga penyisihan grup. Selain itu, Uruguay menjadi satu-satunya tim yang belum kemasukan satu gol di turnamen Piala Dunia 2018.

Catatan apik itu tak lepas dari duet depan dan belakang mereka yang kuat. Luis Suarez dan Edinson Cavani menjadi mesin gol untuk Uruguay, sedangkan Diego Godin dan Jose Gimenez mampu menjadi tembok tebal di jantung pertahanan milik Uruguay.

Suarez dan Cavani sejauh ini mampu bekerja sama dengan sangat baik. Mereka menjadi penentu kemenangan Uruguay saat mengalahkan Arab Saudi dan Rusia di babak penyisihan Grup A. Suarez melesakan gol penentu kemenangan 1-0 atas Arab Saudi. Sementara saat melawan Rusia, Suarez kembali mencetak gol dan Cavani mengunci kemenangan menjadi 3-0 di kala itu.

Di sisi lain, rapatnya barisan pertahanan Uruguay tak lepas dari peran kapten Godin. Dia sangat kuat menjaga area pertahanan dari sejumlah serangan berbahaya yang dilakukan oleh lawan. Dalam laga nanti, pemain belakang Atletico Madrid ini tampaknya akan bisa menghentikan pergerakan Cristiano Ronaldo. Pasalnya, kedua pemain ini sudah sering berhadapan saat memperkuat klubnya di laga El Derbi Madrileno.

Tentunya kedua pemain ini juga sudah mengetahui kelemahan masing-masing dari lawannya. Kehebatan Uruguay tersebut juga diakui oleh pemain Portugal, Cedric Soares. Dia menyebutkan bahwa Uruguay merupakan lawan yang sangat tangguh.

"Mereka memiliki pemain hebat seperti kami, tetapi kami memiliki pemain terbaik di dunia. Kami akan mempelajari mereka. Mereka tim yang kuat tetapi kami juga memiliki kualitas kami dan kami akan mencoba memenangkan pertandingan."

Kendati memiliki pertahanan tangguh, Uruguay bisa dikatakan belum lolos dari ujian sesungguhnya. Di babak penyisihan Grup A, mereka cenderung menghadapi lawan yang berada satu tingkat di bawah mereka. Kini di babak 16 besar, mereka akan berhadapan dengan juara Euro 2016, Portugal.

Tim ini tengah diperkuat oleh pemain terbaik dunia lima kali, Ronaldo. Kapten Portugal tersebut bahkan mampu membukukan hat-trick di laga pembuka grup B ketika berhadapan dengan tim kuat Spanyol yang dihuni oleh salah satu bek terbaik di dunia Sergio Ramos.

Tak hanya itu, pemain 33 tahun ini merupakan top skor sepanjang masa Portugal dengan koleksi 85 gol. Meski sudah mulai dimakan oleh usia, nyatanya ketajamaan sang bintang tak pernah meredup. Selain itu dibawah kepemimpinannya di atas lapangan mampu memberikan rasa percaya diri kepada rekan setimnya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka. Portugal juga sepertinya sudah lepas dengan ketergantungan terhadap Ronaldo dalam urusan mengoyak gawang. Dalam laga terakhir melawan Iran, winger Ricardo Quresma mampu mencetak gol saat laga tersebut berkesudahan imbang 1-1.

Kehebatan Portugal ini juga diakui oleh pemain tengah Uruguay, Matias Vecino. Dia mengatakan bahwa timnya akan fokus untuk menjaga pergerakan para pemain depan Portugal.

"Kami menghadapi tim yang sangat kuat dan kuat. Pertandingan ini mungkin akan ditentukan oleh kesalahan kecil yang dilakukan oleh kedua tim. Kami akan mencoba untuk membatasi pergerakan pemain depan mereka.

Dalam laga ini, kedua tim dipastikan bisa menurunkan pemain kunci yang sempat dibekap cedera saat berlaga di babak penyisihan grup.Bek kiri Portugal, Raphael Guerreiro, pemain sayap Gelson Martins dan gelandang William Carvalho, dikabarkan sudah berlatih dengan tim. Sementara itu bek Uruguay, Gimenez kembali dengan rekan satu timnya di Uruguay setelah absen memperkuat Rusia karena dibekap cedera paha.

Perkiraan Pemain

Uruguay (4-4-2)
Fernando Muslera; Guillermo Varela, Jose Gimenez, Godin, Martin Caceres; Nahitan Nandez, Matias Vecino, Rodrigo Bentancur, Cristian Rodriguez; Luis Suarez, Edinson Cavani.

Portugal (4-4-2)
Rui Patricio; Cedric Soares, Pepe,Jose Fonte, Raphael Guerreiro;Ricardo Quaresma, William Carvalho, Joao Moutinho, Joao Mario; Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0273 seconds (0.1#10.140)