Deschamps Percaya Diri Prancis Bisa Atasi Belgia di Semifinal

Selasa, 10 Juli 2018 - 17:31 WIB
Deschamps Percaya Diri...
Deschamps Percaya Diri Prancis Bisa Atasi Belgia di Semifinal
A A A
ST PETERSBURG - Pelatih Prancis Didier Deschamps sangat percaya diri anak asuhnya bisa mengatasi perlawanan Belgia di semifinal Piala Dunia 2018. Deschamps sudah punya cara untuk mengantisipasi perubahan taktik yang kemungkinan kembali akan dimainkan Belgia.

Duel antara Prancis kontra Belgia akan berlangsung di Saint Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dinihari. Pertandingan ini menjadi salah satu laga yang dinantikan publik sepak bola dunia mengingat kedua tim dihuni sejumlah bintang top. (Baca juga : Tiga Alasan Belgia Berpeluang Besar Singkirkan Prancis )Belgia di bawah komando Roberto Martinez mampu menyingkirkan Brasil di perempat final. Keberhasilan tersebut tak lepas dari kejelian Martinez mengubah taktik permainan dengan menempatkan Romelu Lukaku sebagai penyerang tunggal dan memberikan kebebasan pada Kevin de Bruyne untuk beroperasi dari semua lini.

Deschamps yakin Martinez akan kembali membuat perubahan taktik mengingat Thomas Meunier dipastikan absen. "Belgia tidak datang ke sini secara kebetulan. Mereka memainkan pertandingan hebat melawan Brasil dengan rencana permainan tertentu. Apakah mereka akan melakukan hal yang sama pada kami? Mungkin," beber Decshamps seperti dikutip Reuters, Selasa (10/7/2018).

Ia menambahkan selama ini Belgia terbilang kuat untuk urusan menyerang. Namun melawan Brasil, Martinez mencoba mengubah gaya permainan dengan memperkuat lini tengah.

"Mereka menyerang sangat cepat. Jadi saya telah memastikan bahwa pemain saya siap untuk skenario apapun dari awal dan selama pertandingan jika itu berubah," tutur Deschamps.

Martinez dianggap beruntung mempunyai skuat seperti sekarang ini. Kekuatan yang dimiliki Belgia merupakan warisa pelatih terdahulu, Marc Wimots yang dipecat setelah Belgia kalah dari Wales di perempat final Piala Eropa 2016.

"Saya tak ingin menyinggung Martinez, tapi jelas dia mendapatkan keuntungan dari tim yang pernah dibuat Wilmots, terlepas dari Belgia kalah Wales. Martinez hanya sedikit melakukan perubahan. Tapi, dia mempunyai potensi di tim itu. Saya tidak tahu apakah dia akan menggunakan potensi tersebut. Saya hanya mengucapkan selamat padanya karena telah sampai semifinal meski harus berhadapan dengan kami," tutur Deschamps.

Mengenai kekuatan timnya, Deschamps mengakui semua pemain siap tempur termasuk Kylian Mbappe. Penyerang muda milik Paris Saint Germain itu terlihat hanya berlatih 15 menit ketika latihan dibuka untuk media.

"Tidak ada pemain yang keluar, meski kami mengistirahatkan pemain. Itu hanya tindakan pencegahan saja," kilah Deschamps.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)