Usai Menjuarai Piala AFF, Timnas U-16 Langsung Fokus Piala Asia

Senin, 13 Agustus 2018 - 14:00 WIB
Usai Menjuarai Piala AFF, Timnas U-16 Langsung Fokus Piala Asia
Usai Menjuarai Piala AFF, Timnas U-16 Langsung Fokus Piala Asia
A A A
JAKARTA - Setelah meraih gelar juara Piala AFF U-16, skuad Garuda Muda akan menjalani training center (TC) yang bakal digelar di Medan, Sumatera Utara.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mengatakan, TC untuk menggenjot fisik dalam rangka persiapan Piala Asia U-16. “Sebelum berangkat ke Kuala Lumpur, Malaysia, kami akan ada TC (pemusatan latihan). Kondisi Kuala Lumpur relatif sama seperti di Sumatera Utara, makanya pemusatan latihan laksanakan di sana,” ujar Gubernur Sumatera Utara terpilih ini.

Piala Asia 2018 akan digelar pada 20 September hingga 7 Oktober mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. Menurut Edy, Bagus Kahfi dkk bakal mendapatkan tantangan jauh lebih berat lagi. Pasalnya, yang tampil pada Piala Asia adalah negara dengan tradisi sepak bola yang kuat, seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, China.

“Tentu memerlukan persiapan matang menghadapi event yang jauh lebih kompetitif. Kami berharap TC memberikan dampak positif terhadap tim, dan kita doakan semoga kembali sukses,” tutur Edy. Mantan Pangkostrad itu menambahkan, semua pemain timnas U-16 tampil luar biasa, termasuk kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Edy memuji kemampuan Ernando dalam menghalau tendangan penalti dalam adu penalti. Dia mampu membaca tiga dari lima tembakan pemain Thailand. Bahkan, dua di antaranya mampu dibloknya dengan baik, yakni pada penendang kedua dan kelima Thailand. Penampilan apik penjaga gawang kelahiran Semarang itu membuat AFF tak ragu untuk menyebutnya sebagai pemain yang paling berjasa memberikan gelar perdana timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 itu.

“Ernando memberikan Indonesia gelar perdananya,” tulis AFF dalam laman resminya. Bahkan, dalam artikel yang membahas jalannya pertandingan final Piala AFF U-16 itu, keberhasilan Ernando mementahkan dua penalti juga menjadi kalimat pembuka di paragraf pertama.

“Penjaga gawang Ernando adalah pahlawan bagi Indonesia, di mana dua penyelamatannya dalam adu penalti memberi tuan rumah kemenangan 4-3 hingga mereka bisa mengangkat piala Kejuaraan AFF U-16 untuk pertama kalinya dalam sejarah,” tulis AFF .
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9391 seconds (0.1#10.140)