Bayangan Masa Depan Barcelona

Selasa, 14 Agustus 2018 - 11:44 WIB
Bayangan Masa Depan Barcelona
Bayangan Masa Depan Barcelona
A A A
TANGER - Inovasi dilakukan Barcelona guna menghadapi kerasnya persaingan di musim 2018/2019. Gambaran formasi dan susunan pemain masa depan Klub Katalan tersebut sudah terlihat saat menghadapi Sevilla di final Piala Super Spanyol, Senin (13/8).

Pada laga yang berlangsung di Grand State Tanger, Maroko, Pelatih Barca Ernesto Val verde menerapkan skema 4-4-3 dengan menurunkan komposisi pemain sedikit berbeda dibanding musim lalu. Di lini belakang, misalnya. Clement Lenglet berduet dengan Gerard Pique dan Nelson Semedo di bek kanan. Wajah lama, Samuel Umtiti dan Jordi Alba, masih menepi.

Sementara Javier Maschreno sudah pergi. Di tengah, Rafinha dan Arthur Enrique Ramos mendampingi Sergio Busquets. Arthur mengisi posisi yang ditinggalkan Andres Iniesta. Sementara Rafinha yang baru kembali dari masa peminjaman di Inter Milan menempati ruang milik Ivan Rakitic. Gelandang asal Kroasia itu masih disimpan di bangku cadangan.

Sementara di sektor depan, Osmane Dembele bersanding dengan Luis Suarez dan Lionel Messi. Pemain lain yang masih menunggu giliran adalah Philippe Coutinho dan Arturo Vidal. Keduanya bermain sebagai pengganti. Coutinho bermain pada menit ke-53, sedangkan Vidal yang baru didatangkan dari Bayern Muenchen masuk delapan menit sebelum waktu normal berakhir.

Meski tergolong eksperimen, skema Valverde menjadi indikasi bahwa perubahan besar perlahan telah berjalan di Barca. Mereka sukses meraih gelar Piala Super Spanyol dengan kemenangan 2-1. Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Pablo Sa rabia (9), Blaugrana membalikkan keadaan ber kat dua gol yang disumbangkan Pique (42) dan Dembele (78).

“Kami bahagia karena bersaing dengan tim hebat (Sevilla) untuk memenangkan gelar ini,” kata Valverde, dilansir Marca . Menurut Valverde, tingkat kesulitan di setiap pertandingan berbeda. “Kami tertinggal lebih dulu, namun berhasil bangkit. Banyak pemain kami yang baru kembali setelah liburan, tapi kami bermain sangat baik,” ungkapnya.

Secara khusus juru taktik berusia 54 tahun tersebut memuji performa Dembele yang meraih trofi pertamanya sejak bergabung 25 Agustus lalu. Dia menilai penyerang mudanya itu semakin berkembang sehingga optimistis bakal bersinar musim ini. Gol Dembele tidak terlepas dari assist Messi. Laga melawan Sevilla juga spesial lantaran koleksi trofinya bertambah.

Bagi Messi, ini merupakan gelar Super Spanyol kedelapannya sekaligus gelar ke-33 sepanjang kariernya bersama Barca. Hal itu menobatkannya sebagai pemain dengan koleksi gelar terbanyak sepanjang sejarah klub Katalan.

“Dembele bersama kami dan kami menaruh harapan besar kepadanya. Dia adalah pemain berkualitas. Dia mencetak gol dan itu membuat kami bahagia. Seiring berjalannya waktu, kemampuannya akan semakin matang,” tuturnya. Kesempatan mendatangkan pemain baru masih terbuka hingga bursa transfer ditutup, 31 Agustus mendatang. Meyakinkannya ki nerja skuad Barca saat ini membuat Valverde cukup puas.

Dia memilih berkonsentrasi meramu kekuatan timnya jelang laga Trofeo Juan Gamper kontra Boca Juniors, Rabu (15/8), dan pembuka Primera Liga melawan Deportivo Alaves, Minggu (19/8). “Saya tidak memikirkan bursa transfer. Saya memikirkan tim dan mempersiapkan untuk laga-laga selanjutnya. Itu adalah rencana saya. Kemenangan atas Sevilla sangat penting untuk menaikkan kepercayaan diri buat memulai musim baru dengan positif,” tandasnya.

Di kubu lawan, catatan buruk Sevilla kala berhadapan dengan Barca semakin panjang. Dari enam pertemuan terakhir semua kompetisi, skuad besutan Pablo Machin tersebut belum pernah menang. Kekecewaan tidak mampu disembunyikan Pelatih Pablo Machin.

Dia mengungkapkan, Sevilla telah menun jukkan perlawanan hebat sehingga layak mendapatkan hasil lebih baik. Machin berharap kepercayaan diri timnya segera bangkit jelang laga babak ketiga Liga Europa melawan Zalgiris, Jumat (17/8). “Tim saya pantas mendapatkan kredit. Mereka menunjukkan semangat juang dan keberanian sepanjang pertandingan. Sangat menyakitkan kalah dengan cara seperti ini. Tapi, dengan performa seperti ini, Anda tidak perlu meminta lebih,” tandasnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8385 seconds (0.1#10.140)