Panggung Megah Opening Ceremony, Pembuktian Indonesia

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 13:04 WIB
Panggung Megah Opening Ceremony, Pembuktian Indonesia
Panggung Megah Opening Ceremony, Pembuktian Indonesia
A A A
JAKARTA - Jutaan pasang mataakan tertuju ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, malam ini. Pesta olah raga terbesar di Asia, Asian Games, resmi di buka pukul 19.00 WIB. Opening ceremony bakal berlangsung meriah dengan penampilan sederet musisi papan atas Tanah Air, 141 musisi, dan 10.000 penari. Panggung upacara pembukaan Asian Games pundi gadang-gadang sebagai yang terakbar di dunia.

Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir menjamin opening ceremony bakal berlangsung spektakuler. Kompetisi olahraga multicabang antar negara Asia ini juga menjadi wadah untuk menunjukkan jati diri bangsa.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan ratusan etnik serta budaya, Indonesia ingin menunjukkan persatuan dan perdamaian. “Asian Games Ke-18 ini akan di buka dengan pertunjukan kolosal sebagai bukti ke pada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan event berskala internasional,” tulis Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) dalam situs resmi asian games2018.com.

Event ini akan ditonton masyarakat dari 45 negara di dunia. Musisi ternama yang akan naik di panggung upacara pembukaan Asian Games 2018 ialah Anggun, Wizzy, Raisa, Rossa, Rinni Wulandari, Via Vallen, Fatin, Putri Ayu, Kamasean, dan Sheryl Sheinafia.

Musisi dari band papan atas Indonesia, di antaranya Ariel NOAH dan Rian D’Masiv, juga akan turut mewarnai gegap gempita pembukaan Asian Games 2018. Kehadiran kedua vokalis yang memiliki suara khas itu akan melengkapi lantunan suara GAC, Tulus, Cakra Khan, Maruli Tampubolon, dan kelihaian jari pianis jazz Joey Alexander.

“Joey adalah salah satu bukti bahwa pancaran energy of Asia, khususnya Indonesia, dapat mencapai nominasi Grammy Awards yang memiliki standar sangat tinggi bagi setiap musisi, apalagi mengingat umur Joey yang masih sangat muda,” papar Creative Director Opening & Closing Asian Games 2018 Wishnutama.

INASGOC juga melibatkan ratusan pemain alat musik profesional untuk mengiringi lagu-lagu yang akan menghibur para penyanyi. Para ahli aran semen tersebut melakukan pelatihan rutin dan panjang. Mereka berada langsung di bawah arahan Addie MS dan Ronald Steven, dua seniman yang sudah tak asing di Indonesia.

Para bintang kebanggaan Indosesia itu akan tampil di atas panggung spektakuler. Ukurannya mencapai 120 meter dengan lebar dan tinggi masing-masing 30 meter dan 26 meter. Dengan statistik itu, INASGOC mengklaim panggung tersebut akan menjadi panggung terbesar yang pernah digunakan dalam event olahraga.

“Panggung pembukaan Asian Games 2018 akan menjadi panggung terbesar di dunia,” sambung Wishnutama. Panggung tersebut menggunakan latar miniatur gunung sepanjang 135 meter yang dilengkapi 12.775 bunga dan tanaman khas Tanah Air.

Selain itu gunung seluas 1.350 meter persegi tersebut diperindah dengan air terjun yang di aliri 140.000 liter air dan 3.000 meter persegi rumput hijau. Dekorasi itu ditujukan untuk merepresentasikan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia guna memperkuat rasa bangga dan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Ribuan penari juga memeriahkan pembukaan Asian Games 2018. INASGOC menegaskan, persiapan upacara pembukaan Asian Games 2018 sudah matang. Obor Asian Games yang sudah diarak ke berbagai penjuru negeri juga siap dibawa ke Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Obor tersebut akan dinyalakan atlet legendaris di kalderon. Namun siapa saja mereka dan bagaimana prosesnya tidak diungkapkan sebagai kejutan kepada masyarakat. Asian Games 2018 dihelat mulai hari ini hingga 2 September di Jakarta dan Palembang.

Meski demikian, beberapa cabang olahraga (cabor) sudah lebih dulu dihelat seperti sepak bola dan basket. Asian Games edisi kali ini mempertandingkan 40 cabor: 28 cabor Olimpiade, 4 baru, dan 8 non-Olimpiade. Sebanyak 40 cabor itu dipentaskan dalam 463 nomor pertandingan.

Dan, untuk pertama kali, eSports dan canoe polo dipertandingkan. Awalnya Dewan Olimpiade Asia (OCA) berencana menggelar 484 nomor pertandingan dari 42 cabor. Namun, atas alasan biaya, sejumlah program terpaksa harus dipangkas, mulai dari belt wrestling hingga sambo.

Seluruh anggota OCA yang mencapai 45 negara siap bertarung memperebutkan medali emas di tiap pertandingan. Di beberapa pertandingan, Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) akan bersatu di bawah nama Korea Bersama seperti di Olimpiade Musim Dingin 2018.

Kedua negara itu juga akan marching bersama selama pembukaan dan penutupan. Demi melancarkan akses menuju Stadion GBK Stadion Utama Gelora Bung Karno dan aktivitas masyarakat, Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas mulai pukul 10.00 WIB.

Sedikitnya ada lima ruas jalan di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dialihkan. Sebanyak 1.812 personel polisi dikerahkan untuk membantu pengendara di jalan raya. Titik-titik yang akan mengalami penutupan ialah Jalan Hang Lekir di wilayah selatan, Pos Polisi Palmerah di wilayah utara, Patal Senayan di wilayah barat, dan Sudirman di wilayah timur.

Kirab Obor Diterima Presiden

Setelah berkeliling di beberapa daerah, kirab obor Asian Games 2018 sampai di Istana Merdeka Jakarta kemarin. Obor diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penerimaan kirab obor itu menjadi satu rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73.

Sebelum menjemput obor tersebut, Presiden terlebih dahulu menerima laporan dari Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. Puan menyampaikan obor Asian Games telah melalui 63 titik di 54 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Menurutnya kedatangan obor di kota dan kabupaten yang dilalui disambut dengan semangat dan riang gembira oleh masyarakat. “Obor ini adalah lambang semangat membara seluruh rakyat Indonesia untuk menyukseskan Asian Games Ke-18 2018,” tutur Puan.

Didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Jokowi berlari kecil menuju gerbang sayap barat Istana Merdeka. Di sana telah menunggu pebulu tangkis nasional era 1980-an Verawaty Fajrin beserta atlet legendaris lainnya.

Verawaty kemudian menyerahkan obor Asian Games kepada Jokowi yang telah tiba di titik penyerahan pertama. “Saya terima api ini untuk memulai perhelatan besar Asian Games 2018,” jawab Jokowi. Selanjutnya Presiden bersama para atlet legendaris tadi berlari kecil dengan membawa obor tersebut menuju tangga depan Istana Merdeka.

Obor itu kemudian diserahkan kepada Ketua INASGOC Erick Thohir. Dia membawa obor Asian Games 2018 dengan didampingi atlet legendaris Rudy Har tono untuk dilanjutkan ke titik berikutnya. Hari ini obor kembali dikirab menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, lokasi pembukaan Asian Games 2018.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4019 seconds (0.1#10.140)