Jokowi Resmi Buka Asian Games 2018

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 20:50 WIB
Jokowi Resmi Buka Asian Games 2018
Jokowi Resmi Buka Asian Games 2018
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi membuka pesta olahraga se-Asia, Asian Games 2018. Dalam sambutannya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (18/8/2018) malam, Jokowi menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia sangat bangga menyambut tamu istimewa dari 45 negara.

"Kita bangga kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa-bangsa seasia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi," ujar Jokowi yang mengenakan pakaian formal setelan jas hitam.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Asian Games ke-18 saya nyatakan dibuka," imbuh Jokowi.

Sebelum Jokowi memberi kata sambutan. Ketua Panitia Penyelenggara INASGOC, Erick Thohir dan presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Ahmad Al-Fahad Al-Sabah lebih dulu memberikan kata sambutan.

Erick berpesan agar para atlet yang bertanding menjunjung nilai sportivitas. "Marilah kita bertanding dengan nilai sportivitas dengan nilai yang baik untuk dikenang di masa mendatang. Bersama Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang mari kita songsong dengan Energy of Asia dengan damai."

Erick menyampaikan acara pembukaan Asian Games 2018 ini merupakan momen bersejarah bangsa ini dan sebuah pengalaman yang mungkin hanya satu kali dalam seumur hidup. Karena itu, Indonesia ingin memberikan contoh bagaimana negeri dengan mayoritas umat Islam hidup harmonis.

"Kehidupan damai tercipta karena diikat nilai kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika. Welcome to Indonesia, the energy of Asia. Indonesia percaya Asia adalah the land of diversity dengan keragaman suku bangsa terbesar di antara benua lainnya," ungkap Erick.

Sekadar informasi, Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang diikuti 17 ribu atlet dari 45 negara. Upacara pembukaan diawali Tarian Saman yang dibawakan ribuan penari, kemudian diikuti oleh parade (defile) dari negara-negara peserta. (Baca juga: Momen Bersejarah, Korea Bersatu di Pembukaan Asian Games 2018 )

Untuk kontingen tim Merah Putih, I Gede Siman Sudartawa terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Pakaian yang dikenakan bukan kostum daerah melainkan jas berwarna merah lengkap dengan celana berwarna putih.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9754 seconds (0.1#10.140)