Jokowi: Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Sabtu, 01 September 2018 - 13:00 WIB
Jokowi: Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Jokowi: Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia siap menggelar Olimpade 2032. Pengalaman dan sukses menjadi penyelenggarakan Asian Games 2018 menjadi modal Indonesia mengajukan diri sebagia kandidat tuan rumah pesta olahraga yang lebih besar.

Presiden mengungkap hal tersebut seusai bertemu Ketua International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach dan Ketua Olympic Council of Asia (OCA) Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018) siang.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendampingi Presiden, serta Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir.

Menurut Presiden, Indonesia punya kelebihan sebagai tuan rumah. Tak hanya soal penyelenggaraan, juga partisipasi masyarakat dan volunteer yang sangat besar. Hal itu mendapat apresiasi dari Thomas Bach dan Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah.

“Bukan hanya hal berkaitan dengan penyelenggaraan yang beliau sangat menghargai partisipasi masyarakat, partisipasi dari volunteer yang dalam jumlah sangat besar yang bisa digerakkan, yang bisa diorganisasi,” ujar Presiden dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

“Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032,” pungkas Presiden.

Seperti Asian Games, Olimpiade digelar empat tahun sekali. Tahun 2020, Tokyo, Jepang, akan menjadi tuan rumah edisi XXXII (32). Sedangkan Olimpiade 2024, di rencanakan digelar di Paris, Prancis, dan tahun 2028 di Los Angeles, AS.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8189 seconds (0.1#10.140)