Caroline, Relawan asal Zimbabwe Bangga Jadi Bagian Asian Games 2018

Minggu, 02 September 2018 - 17:29 WIB
Caroline, Relawan asal Zimbabwe Bangga Jadi Bagian Asian Games 2018
Caroline, Relawan asal Zimbabwe Bangga Jadi Bagian Asian Games 2018
A A A
JAKARTA - Asian Games 2018 tidak melulu tentang persaingan berebut medali dari cabang olahraga yang dipertandingkan. Kesuksesan event olahraga terbesar di Asia juga tidak lepas dari peran para relawan yang datang dari dalam dan luar negeri.

Sebut saja Caroline, relawan asal Zimbabwe yang sengaja mendaftar untuk jadi volunteer Asian Games 2018 selama 12 hari di Jakarta. Menurut dia, jauh dari orang tua merupakan tantangan tersendiri yang terbayar lunas ketika mendapat pengalaman baru dari ajang multievent.

Ditemui SINDOnews beberapa saat sebelum pesta penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Minggu (2/9/2018) Caroline mengaku senang bisa membantu kesuksesan pesta olahraga itu. Meski negaranya tidak berpartisipasi di Asian Games -Zimbabwe bukan bagian Asia-, Caroline bangga karena bisa ambil bagian.

"Di sini saya belajar banyak hal, saya bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara. saya belajar budaya mereka," kata Caroline.

Tinggal selama hampir dua pekan di negeri orang bukan perkara mudah bagi gadis yang belum genap berusia 20 tahun tersebut. Selain harus menyesuaikan makanan, Caroline juga beradaptasi dengan cuaca di Kota Jakarta. "Salah satu kendala di sini adalah Jakarta kota yang sangat panas," lanjutnya.

Selain berinteraksi dengan pengunjung, Caroline juga bahagia karena bisa mengenal beberapa relawan asing. Misalnya, Sakura yang berasal dari Jepang.

"Ini teman saya namanya Sakura dari Jepang. Yang ini dari Korea," kata Caroline sambil menggoda rekan-rekannya sesama voulunteer.
Di ujung masa tugasnya sebagai relawan, Caroline dan rekan-rekannya sesama relawan menghabiskan waktu untuk berfoto di depan venue akuatik. Menurutnya, ketika kembali ke negaranya momen kebersamaan itu akan terus dia kenang.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8987 seconds (0.1#10.140)