Gagal Kalahkan Bilbao, Ini Alasan Valverde Jadikan Messi Cadangan

Minggu, 30 September 2018 - 07:00 WIB
Gagal Kalahkan Bilbao, Ini Alasan Valverde Jadikan Messi Cadangan
Gagal Kalahkan Bilbao, Ini Alasan Valverde Jadikan Messi Cadangan
A A A
BARCELONA - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde punya alasan menyimpan Lionel Messi sebagai pemain cadangan saat anak asuhnya gagal mengalahkan Athletic Bilbao dalam lanjutan kompetisi La Liga. Ernesto beralasan ia mengingin rotasi dan semua untuk kebaikan tim.

Pada laga di Camp Nou, Sabtu (29/9/2019), Barcelona memang mampu menguasai jalannya pertandingan. Bahkan bisa dibilang tak ada kesempatan buat tim tamu untuk mengembangkan permainan.

Alih-alih mencetak gol cepat, justru gawang Marc-Andre ter Stegen kebobolan lebih dulu oleh Oscar De Marcos (41). Messi sendiri baru dimainkan di babak kedua ketika laga berusia lima menit.

Masuknya Messi yang menggantikan Arturo Vidal memang memberikan suasana baru. Aksinya mampu menambah daya gedor meski gol yang ditunggu baru tercipta di menit 84 oleh Munir El Haddadi. (Baca juga : Nyaris Kalah, Barcelona Raup Poin Satu di Kandang )

Usai pertandingan kepada media seperti dikutip Marca, Valverde menegaskan keputusannya tak memainkan Messi sebagai pemain inti semata untuk kebutuhan tim.

"Ketika saya membuat keputusan, saya pikir ini untuk kebaikan pemain dan klub. Saya selalu melakukan itu (membuat keputusan) sebelum pertandingan. Saya tak bisa melakukan hal tersebut setelah itu atau mundur ke belakang," ungkapnya.

"Pendukung boleh saja memutuskan apa yang menurut mereka nyaman. Tapi saya harus memikirkan yang terbaik untuk tim saya."

Sebagai pelatih Valverde merasa bertanggung jawab penuh atas penampilan anak asuhnya. "Kami memiliki empat pertandingan dalam sepuluh hari dan saya pikir Messi dan Busquets harus beristirahat karena mereka tahu kami mempunyai pertandingan yang sulit pada Rabu nanti."

Setelah tampil di La Liga, selanjutnya Barcelona akan melakoni Liga Champions. Mereka akan bertandang ke markas Tottenham Hotspurs pada Rabu atau Kamis (4/10/2018) dinihari WIB.

"Saya tahu ini adalah keputusan yang berisiko. Tapi kalau itu berjalan dengan baik Anda tak akan bertanya pada saya soal ini."

Musim ini, Valverde memang mendapatkan tantangan berat. Taktiknya mulai diragukan setelah mengalami kekalahan dari Leganes pada 27 September lalu.

"Ini memang menjadi pekan yang sulit karena kami belum mendapatkan harapan yang diinginkan. Tapi ada hal yang menurut saya bisa ditingkatkan, terutama keseimbangan dalam menyerang."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6486 seconds (0.1#10.140)
pixels