Timnas Indonesia U-16 Siap Melawan Australia

Senin, 01 Oktober 2018 - 09:59 WIB
Timnas Indonesia U-16 Siap Melawan Australia
Timnas Indonesia U-16 Siap Melawan Australia
A A A
KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia U-16 mengaku sudah siap tempur melawan Timnas Australia U-16 di babak perempat final Piala AFC U-16. Meningkatkan kekuatan mental dan menjaga konsentrasi sepanjang laga menjadi prioritas Garuda Muda untuk meraih kemenangan.

Dengan melaju ke babak 8 besar, Indonesia telah mengakhiri penantian sejak 1990 yang saat itu berakhir di posisi empat penyisihan grup. Skuad Merah Putih melaju ke babak gugur setelah menjuarai Grup C.

Sukses ini membuka peluang bagi Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U-17 2019. Agar ambisi itu bisa terpenuhi, armada Fakhri Husaini tinggal mengalahkan Australia saat bentrok di Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur, sore nanti.

“Bagi kami pertandingan itu layaknya partai final. Karena itulah saya menekankan pentingnya memperkuat aspek mental kepada anak-anak. Kami sudah menanti momen ini menyusul performa selama tiga laga terbaru. Para pemain saya sudah siap bertarung,” ujar Fakhri.

Fakhri menyebut faktor mental akan memengaruhi performa Indonesia saat di lapangan. Sebab para pemain sudah hampir pasti akan mendapat tekanan dan intimidasi dari lawan yang memiliki postur tinggi. Karena itu, dia ingin para pemain bisa memotivasi diri sendiri.

Hal lain perlu diwaspadai adalah daya serang Australia. Soalnya Negeri Kanguru tergolong subur lantaran sudah menghasilkan enam gol. Selain itu, lawan bisa mencetak gol itu, baik di babak pertama maupun kedua.

Fakhri juga berpesan pada pasukannya agar tidak terserang kepercayaan diri yang berlebihan. “Saya mencoba mengendalikan itu supaya tidak menjadi bumerang. Mereka harus menghormati lawan. Tapi, tidak perlu cemas, apalagi sampai minder,” tutur pelatih asal Aceh itu.

Kewaspadaan juga diusung Australia. Pelatih Trevor Morgan menyebut tidak akan meremehkan Indonesia. Karena dia menilai siapa pun yang berhasil lolos ke babak gugur merupakan tim kuat dan tangguh.

“Setiap kali bertanding, kami selalu berpikir bisa meraih kemenangan. Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi Indonesia. Kami mengakui semua tim yang masih bertahan, layak lolos ke perempat final,” kata Morgan.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9470 seconds (0.1#10.140)