Stakeholder Olahraga di Palembang Manfaatkan Peninggalan Asian Games 2018

Selasa, 02 April 2019 - 16:00 WIB
Stakeholder Olahraga di Palembang Manfaatkan Peninggalan Asian Games 2018
Stakeholder Olahraga di Palembang Manfaatkan Peninggalan Asian Games 2018
A A A
PALEMBANG - Potensi Sport Tourism yang memadukan antara wisata dengan kegiatan olahraga khususnya event olahraga internasional di Palembang Sumatera Selatan sangat besar. Hal ini akan mendorong peningkatan jumlah wisatawan khususnya wisatawan mancanegara ke kota yang terkenal dengan makanan empek-empek ini.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Calon nomor utut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir menyatakan sport tourism di Palembang sejauh ini sudah berjalan dengan baik. Ditambahkan, suksesnya gelaran Asian Games 2018, pastinya akan diikuti dengan kunjungan jumlah wisatawan mancanegara.

"Salah satu buktinya adalah keberhasilan Asian Games 2018 di Pelembang. Ribuan atlet dari berbagai negara ikut terlibat di pesta olahraga terbesar di Asia tahun lalu. Pelaksanaan Asian Games 2018 yang berlangsung dengan baik, dengan ujung tombak para volunteer membuat atlet dan juga ofisial negara peserta pastinya akan terus mengingat kota Palembang," jelasnya, Selasa (2/4/2019).

Erick Thohir juga meminta semua stakeholder olahraga di Negeri Bumi Sriwijaya ini untuk memanfaatkan peninggalan Asian Games 2018 dengan baik. "Venue yang dibangun untuk Asian Games 2018 sudah standart internasional, hendaknya ini dijaga, dirawat dan dimanfaatkan. Entah itu untuk pengembangan cabang olahraga atlet lokal ataupun menggelar olahraga internasional di sini."

"Ada bowling, menembak, dayung, panjat tebing maupun sepakbola sudah diakui dunia internasional. Dengan memperbanyak event internasional, selain baik untuk menambah pengalaman atlet kita, mendatangkan atlet luar negeri, juga akan menutup biaya pengelolaan venue yang tidak murah tentunya.”

Selain venue olahraga, menurut Erick Thohir, Palembang juga bisa memadukan dengan paket wisata. Apalagi Indonesia kini telah resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

"Bisa sejalan dengan program Petualang Muda. Paket jalan-jalan untuk anak muda mengenal dan memperkenalkan kekayaan alam dan budaya negeri kita. Akan semakin banyak orang wisata ke Palembang. Salah satu penilaian agar kita terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, tentu dengan memperbanyak kegiatan olahraga internasional di Indonesia. Dalam waktu kedepan ada MotoGP tahun 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat dan FIBA World Cup 2023 di Jakarta. Palembang bisa saja dengan cabang olahraga lainnya mengajukan diri menjadi tuan rumah event internasional," tambah Erick.

Karena itu, Erick menekankan dengan pemerintahan yang berkesinambungan, maka tujuan dan target kedepan bisa dilaksanakan. "Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, kita sudah mendapat kepercayaan internasional. Khusus di bidang olahraga tentu jika Pak Jokowi diberi kesempatan lagi memimpin maka akan lebih mudah dalam mewujudkan mimpi besar menjadi tuan rumah olimpiade di Indonesia tahun 2032 nanti," pungkas Erick Thohir.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1164 seconds (0.1#10.140)