Bogor Half Marathon Akan Diikuti 3000 Pelari

Minggu, 21 Juli 2019 - 18:00 WIB
Bogor Half Marathon...
Bogor Half Marathon Akan Diikuti 3000 Pelari
A A A
BOGOR - Sekitar 3.000 pelari dari penjuru nusantara akan mengikuti event lari 'Bogor Half Marathon 2019', yakni lomba lari bergengsi yang rutenya mengelilingi berbagai macam ikon Kota Bogor, Jawa Barat. Event Bogor Half Marathon ini akan dilaksanakan pada 25 Agustus 2019.

Ketua Panitia Bogor Half Marathon, Abdul Wahab menyebutkan, ribuan pelari dari berbagai daerah di Indonesia ini akan berlari dengan jarak tempuh beragam, mulai dari 5 kilometer (5K), 10 kilometer (10K), dan Half Marathon (21K), serta Half Marathon Relay.

"Pelari 5K diharapkan finis dalam waktu 2 jam, 10K 2,5 jam, dan 21K dalam waktu selambat-lambatnya 4 jam," ujar Abdul Wahab saat konferensi pers di Balai Kota Bogor, Sabtu (20/7/2019).

Dia menjelaskan, Rute pelaksanaannya dimulai dari Kebun Raya Bogor (KRB) sebagai titik start, kemudian kembali ke KRB sebagai titik finis. Lokasi start dan finis di KRB itu berlaku bagi setiap kategori jarak tempuh ajang lomba lari Bogor Half Marathon.

"Kebun Raya Bogor dipilih menjadi tempat start dan finis karena KRB adalah ikon kebanggaan Kota Bogor. Pelari akan melewati berbagai macam ikon Kota Bogor yang menggambarkan ragam budaya yang ada di kota ini," kata dia.

Abdul menjelaskan, Bogor Half Marathon adalah event yang lahir dari kerinduan para pelari di kota Bogor untuk merasakan lari HM di kota sendiri. Dari dasar inilah, beberapa pelari di Bogor dari komunitas berbeda-beda akhirnya memutuskan untuk membuat Bogor Half Marathon, dengan tema 'Run in Diversity'.

"Run in Diversity mempunyai makna yang luas, dari lari kita semua menjadi sama, berlari menyatukan kita semua tanpa memandang latar belakang kita, dan juga ketika berlari di Bogor, pelari akan melewati berbagai macam ikon kota Bogor yang menggambarkan ragam budaya yang ada di kota ini," jelasnya.

Selain Bogor yang dikenal sebagai City of Runner, Bogor juga sedang menggalakkan konsep eco friendly city, dimana pemakaian plastik sedang dikurangi di kota ini. Seiring dengan konsep eco friendly city, Bogor Half Marathon juga mendukung dengan cara memakai bahan daur ulang sebagai komponen dari finisher tee mereka.

"Finisher tee adalah kaos yang akan didapatkan para pelari apabila berhasil menyelesaikan 21K dalam waktu yang sudah ditentukan," terangnya.

Yang unik dari event ini adalah, BHM akan memperlombakan tingkat pelajar dari SD, SMP dan SMA di kota Bogor dan beberapa sekolah dari kabupaten Bogor. Adik-adik pelajar akan berlomba di jarak 5K. Kategori ini diadakan untuk melatih dan melihat cikal bakal pelari-pelari andalan kota Bogor.

Para pelajar akan berlomba dengan sesama pelajar, tidak tergabung dengan kategori yang biasa. "Ayo kita berlari di tengah keasrian dan kesejukan kota Bogor dan sukseskan acara Bogor Half Marathon. Berlari di City of Runner akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para pelari. Masih ada waktu untuk begabung bersama pelari yang sudah mendaftar," katanya.

Para pelari bisa mendaftar online dengan mengunjungi website https://ultimarace.id.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyatakan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sangat mendukung penyelenggaraan event tersebut. Apalagi, kata Bima, hampir 2.000 pelari atau 60 persen merupakan peserta yang berasal dari luar Kota Bogor sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kami support full. Jadi untuk PAD karena mereka akan menginap di Kota Bogor, untuk konsep sport tourism dan Kota Bogor menuju city of runner, event ini sangat berarti. Dan event ini juga akan diikuti banyak runner profesional Indonesia," pungkas Bima.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8606 seconds (0.1#10.140)