Tyson Fury vs Otto Wallin? Inilah Petinju Swedia Tak Terkalahkan

Selasa, 06 Agustus 2019 - 09:00 WIB
Tyson Fury vs Otto Wallin? Inilah Petinju Swedia Tak Terkalahkan
Tyson Fury vs Otto Wallin? Inilah Petinju Swedia Tak Terkalahkan
A A A
LONDON - Petinju Kelas Berat Tyson Fury diskenario melawan penantang tangguh tak terkalahkan, Otto Wallin dari Swedia. Fury yang merupakan mantan juara dunia Kelas Berat diharapkan bisa bertarung meladeni Wallin pada 14 September mendatang.

Duel melawan petinju Swedia ini bisa menjadi pemanasan bagi Fury sebelum pertarungan ulang atau rematch melawan juara dunia Kelas Berat WBC, Deontay Wilder. Lantas, siapa Otto Wallin?

Sosok Wallin dikenal sebagai petinju tidak terkalahkan. Dia pernah dua kali bertarung dengan mantan juara dunia Kelas Berat, Anthony Joshua saat amatir. Dalam dua pertarungan tersebut, Wallin dua kali kalah angka dari Joshua. Sejak itu, Joshua menjadikannya sparring partner. ’’Pertama kali kami bertarung mungkin 2008 atau 2009,’’kata Wallin kepadaSky Sportstahun lalu.

Tyson Fury vs Otto Wallin? Inilah Petinju Swedia Tak Terkalahkan

Wallin punya penilaian mengenai seorang Anthony Joshua. Dari dua kali bertarung di amatir, menurutnya, progress karir Joshua bergerak cepat. "Kami berdua masih muda, masing-masing baru 10 kali bertanding, dan kami bertarung lagi (2010). Dia kemudian berkembang pesat dan ketika aku berlatih tanding dengannya dia maju lebih pesat lagi,"terangnya.

Nama Wallin sempat muncul untuk menggantikan Jarrell Miller yang batal bertarung melawan Joshua. Hingga akhirnya Andy Ruiz Jr yang mengambil kesempatan perebutan gelar melawan Joshua. Ruiz Jr kini menjadi juara dunia Kelas Berat WBA, IBF, WBO setelah menang TKO di ronde ketujuh atas Joshua.

"Aku menanyakan itu dan berharap mendapat kesempatan besar," ujarnya. "Aku tahu Joshua petinju hebat, tapi aku sangat bagus juga dan Aku ingin menunjukkan itu,"lanjutnya.
Wallin mengungkapkan keinginannya bertarung melawan Joshua saat itu. Namun, kesempatan tersebut gagal diriahnya. "Aku sejatinya sangat tertarik dengan pertarungan itu,"akunya.
Dalam ring professional, Wallin tidak terkalahkan dalam 21 pertarungan, 13 di antaranya dengan kemenangan KO. Dia petinju kidal dengan postur 1,97 cm.
Dia menghentikan Irineu Beato Costa Junior (petinju yang juga kalah dari Dillian Whyte, David Price dan Joseph Parker) dan mengalahkan Raphael Zumbano (petinju yang dikalahkan Joshua dan Andy Ruiz Jr). Wallin mengalahkan rekan senegaranya, Adrian Granat tahun lalu.

Apakah Wallin pernah bertarung di Amerika?Tidak, tapi itu bukan kesalahannya.Dia debut di Amerika pada 13 April 2019 di Broadway Hall, Atlantic City, melawan Nick Kisner dengan menang di ronde pertama.Namun, pertarungan tersebut dinyatakan tidak ada alias no contest.

Kemudian, Wallin direncanakan bertarung dengan BJ Flores akhir bulan lalu. Duel ini tidak digelar setelah Flores gagal lolos tes kesehatan hanya sehari sebelum jadwal pertarungan.

Wallin datang dari Swedia ketika tinju dilarang sejak 2007. Swedia sebelumnya dikenal menghasilkan petinju juara dunia di Kelas Ringan, Badou Jack. Wallin bermimpi mengikuti jejak Ingemar Johansson, juara dunia Kelas Berat asal Swedia pada 1960. "Dia inspirasi terbesar," kata Wallin. "Dia pergi ke Amerika untuk memenangi gelar juara dunia. Dia orang terbuas di planet.

Siapa petinju Inggris yang ingin Wallin hadapi? "Dave Allen? Aku melihat beberapa pertarungannya dan aku pikir dia petinju yang mumpuni. Itulah seseorang yang ingin aku hadapi.

Jadi Fury vs Wallin selanjutnya? Promotor Wallin, Dmitriy Salita, pernah mengungkapkan keyakinannya jika petinju ya akan bertarung melawan Fury."Aku sangat optimistis pertarungan itu terlaksana.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4800 seconds (0.1#10.140)