Basket 3x3 Bidik Emas SEA Games 2019

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:06 WIB
Basket 3x3 Bidik Emas SEA Games 2019
Basket 3x3 Bidik Emas SEA Games 2019
A A A
JAKARTA - Tim Nasional Basket 3x3 Putra Indonesia menargetkan medali emas SEA Games 2019 di Filipina. Hanya dengan meraih medali emas jadi modal bagus dalam mempersiapkan diri di Olimpiade Tokyo 2020.

Ketua Umum Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih mengatakan peluang emas basket 3x3 putra sangat terbuka. “3x3 baru pertama kali dipertandingkan di SEA Games. Kalau ada bertanya target, maka saya maunya medali emas. Saya percaya negara lain juga tidak memberikan target yang tepat, karena ini baru pertama kali diadakan. Kami tidak tahu kekuatan lawan, begitu juga sebaliknya,” ujar Kosasih.

PP Perbasi telah memanggil 15 pemain putra untuk mengikuti pelatnas 3x3 menghadapi SEA Games 2019. Sejumlah pemain yang dipanggil sudah memiliki pengalaman internasional.

Rizky Effendi pernah menjadi juara pada seri dunia di Tokyo. Kevin Moses yang juga sudah sering mengikuti ajang 3x3 tingkat Asia mewakili Indonesia, Danny Ray dan Kevin Yonas Argadiba Sitorus bermain sangat baik di Asia Cup 3X3 baru-baru ini di Changsa. Pemilihan pemain juga berdasarkan penampilan mereka dalam IBL 3X3 lalu.

Manager Timnas 3x3 Putra, Rama Datau menjelaskan, dari 15 pemain dipanggil akan diseleksi hingga terpilih delapan pemain. Dari delapan pemain, empat pemain pertama akan mengikuti turnamen di Maladewa dan empat pemain lagi akan mengikuti turnamen lain yang saat ini masih koordinasi dengan FIBA.

“Seusai mengikuti turnamen delapan pemain tersebut akan disaring menjadi enam pemain pada Okto ber untuk menjalani trainingcenter di Serbia selama seminggu. Empat pemain SEA Games 2019 ini akan ditentukan pada November mendatang,” ucap Rama.

Saat ini PP Perbasi masih terus berusaha melobi FIBA untuk mendapat slot sebanyak mungkin untuk bertanding dan berkompetisi pada ajang 3X3 dunia. Rama mengakui yang terpenting dan terberat adalah training serta komitmen yang harus selalu dijaga oleh pemain terpilih dan pelatihnya setelah seleksi berakhir, karena prestasi bagi Indonesia ditentukan dari komitmen ini.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7390 seconds (0.1#10.140)