Mantan Juara Kelas Berat Leon Spinks Berjuang Melawan Kanker

Jum'at, 03 Januari 2020 - 17:02 WIB
Mantan Juara Kelas Berat Leon Spinks Berjuang Melawan Kanker
Mantan Juara Kelas Berat Leon Spinks Berjuang Melawan Kanker
A A A
LAS VEGAS - Mantan juara tinju kelas berat Leon Spinks menghadapi kondisi penyakit yang serius sejak dirawat di rumah sakit bulan lalu. Spinks, 66 tahun, peraih medali Emas Olimpiade Montreal, Kanada, tahun 1976, menderita kanker prostat.

Spinks berjuang melawan kanker di rumah sakit Las Vegas bulan lalu. Laporan USA Today menyebutkan kanker telah menyebar ke kandung kemih Spinks.
Menurut istri Spinks, Brenda, Kamis (2/1/2020), Spinks telah kembali ke rumah dan akan menjalani perawatan kanker secara rawat jalan.

"Ini akan menjadi perjalanan yang panjang dan berat," kata Brenda dalam sebuah pernyataan kepada USA Today. "Tapi, kami sudah terikat dan bertekad untuk sang juara untuk kembali pulih."

Spinks terkenal karena kemenangannya yang tak terlupakan atas Muhammad Ali pada 15 Februari 1978 di Las Vegas Hilton, Winchester, Nevada, Amerika Serikat. Spinks merebut gelar WBA, WBC, The Ring, dan lineal, milik Ali.
Mantan Juara Kelas Berat Leon Spinks Berjuang Melawan Kanker

Namun, pada duel ulang di Superdome, New Orleans, Louisiana, 15 September 1978, Spinks gagal mempertahankan gelarnya setelah menyerah dari Ali dengan keputusan suara bulat dalam pertarungan 15 ronde.

Pertarungan kedua tersebut sama sekali berbeda. Ali dalam kondisi prima dan memiliki rencana pertarungan yang ketat untuk mengalahkannya dan mengendalikan Spinks untuk hasil keputusan suara bulat. Kemenangan tersebut memungkinkan Ali untuk menjadi juara kelas berat linier tiga kali pertama.

Spinks tidak pernah bisa melakukan pertarungan trilogi melawan Ali, ketika Ali pensiun setelah pertemuan kedua mereka. Namun, Ali sempat keluar dari masa pensiun beberapa tahun kemudian untuk melawan Larry Holmes dan Trevor Berbick dan kalah di dua laga itu.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9004 seconds (0.1#10.140)