Lima Pesepak Bola yang Terkenal Dermawan

Kamis, 13 Februari 2020 - 05:58 WIB
Lima Pesepak Bola yang Terkenal Dermawan
Lima Pesepak Bola yang Terkenal Dermawan
A A A
LONDON - Bergelimang harta dan punya nama besar tidak membuat pesepak bola top Eropa lupa kewajibannya sebagai manusia, yakni bersedekah. Berikut lima pesepak bola elit Eropa yang terkenal dermawan.

Dikutip dari berbagai sumber, kelima pesepak bola itu adalah Kylian Mbappe, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Mohemed Salah, dan Mesut Oezil. Tidak cuma sekali dua kali menyisihkan hartanya untuk kepentingan orang banyak, mereka bahkan membuat yayasan amal yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Tentunya ada banyak pesepak bola top yang merelakan sebagian hartanya untuk urusan kemanusiaan, namun, berikut SINDOnews membuat ulasan ringkas dari lima pesepak bola yang terkenal dermawan:

1. Kylian Mbappe
Lima Pesepak Bola yang Terkenal Dermawan

Di usianya yang baru 21 tahun, Mbappe membuat pidato memukau di depan sekitar 300 orang ketika meresmikan yayasan amal Inspired by KM di Paris, pekan lalu. Dalam pidatonya, Mbappe berharap yayasan amal itu bisa membantu pendidikan anak-anak di Paris.

Ini bukan kali pertama Mbappe memperlihatkan dirinya sebagai sosok yang dermawan. Sebelumnya, bintang tim nasional Prancis juga sering mendonasikan uangnya untuk masalah-masalah kemanusiaan.

Mbappe mendonasikan 26 ribu pound atau setara Rp461 juta untuk membantu mendanai pencarian pesawat Emiliano Sala. Dua tahun sebelumnya, Mbappe menyumbangkan seluruh pendapatan dia di piala dunia, yakni sebesar Rp7 miliar untuk membantu anak-anak cacat.

2. Lionel Messi
Lima Pesepak Bola yang Terkenal Dermawan

Sebelum Mbappem Lionel Messi sudah mendirikan Leo Messi Foundation. Yayasan ini bergerak membantu anak-anak sedunia agar mereka memperoleh pendidikan dan kesehatan yang layak. Tak hanya di Argentina, Yayasan Leo Messi Foundation yang didirikan sejak 2007 juga tersebar di Asia, Afrika, dan Eropa.

3. Cristiano Ronaldo
Lima Pesepak Bola yang Terkenal Dermawan

Sang megabintang Juventus ini merupakan salah satu pesepakbola yang paling dermawan. Ronaldo rutin memberikan sejumlah besar uang untuk amal. Ia bahkan dinobatkan sebagai atlet yang sering beramal pada tahun 2015.

Pada 2013 ia masuk dalam kategori UEFA Men's Player of the Year dan memenangkan bonus sebesar 89 ribu poundsterling. Bonus tersebut itu dia sumbangkan langsung ke Palang Merah.

4. Mohamed Salah
Lima Pesepak Bola yang Terkenal Dermawan

Yayasan Amal Mohamed Salah telah membantu 450 keluarga secara finansial dengan memberi mereka tunjangan bulanan. Tahun lalu pemain Liverpool tersebut telah memberi lebih dari 23 ribu pound untuk membantu mantan pemain sepak bola di negara asalnya, Mesir.

Pemain Liverpool juga diketahui telah menyumbangkan 234 ribu pound atau setara Rp4,1 miliar untuk pemerintah Mesir pada tahun 2017, ketika Mesir kala itu mengalami kesulitan ekonomi. Salah juga memberikan 2,5 juta pound atau sekitar Rp44 miliar ke National Cancer Institute of Egypt setelah peristiwa serangan teroris di Kairo.

5. Mesut Ozil
Lima Pesepak Bola yang Terkenal Dermawan

Pemain Arsenal ini melakukan hal yang luar biasa dengan menyumbangkan seluruh uang yang ia dapat setelah Jerman memenangkan Piala Dunia 2014. Sebelum turnamen, ia berjanji untuk membantu 11 anak-anak Brasil yang sakit dengan membayar perawatan rumah sakit. Total biaya medis yang ia sumbang mencapai 237 ribu pound atau Rp4,2 miliar.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5167 seconds (0.1#10.140)