PSIS Semarang Lakukan Prefentif Virus Corona pada Pemain

Rabu, 04 Maret 2020 - 11:08 WIB
PSIS Semarang Lakukan Prefentif Virus Corona pada Pemain
PSIS Semarang Lakukan Prefentif Virus Corona pada Pemain
A A A
SEMARANG - Merebaknya virus corona yang sudah masuk di Indonesia membuat berbagai pihak meningkatkan kewaspadaan. Tidak terkecuali tim PSIS Semarang.

Menurut dokter tim PSIS, Alfan Nur Asyhar, guna mengantisipasi virus mematikan tersebut, langkah preventif telah dilakukan terhadap pemain dan offisial tim PSIS.

Perlu diketahui virus ini diduga kuat dari sekret orang yang terinfeksi virus corona sebelumnya baik lewat percikan saat batuk, sekret yang menempel di sekitar tubuhnya atau lingkungannya yang pada akhirnya bisa menularkan ke orang sekitar melalui port de entry nya adalah mukosa (mata, hidung, mulut).

“Virus ini masih bisa hidup di lingkungan sekitar seperti alat apa saja yg ada di sekitar kita selama 24 jam sekalipun. Sehingga dengan mempelajari penyebarannya tersebut maka langkah antisipasinya adalah dengan memutus rantai penyebaran,” kata pria yang akrab disapa Dokter AL.

“Berbagai cara yang bisa dilakukan dalam sehari-hari terlebih bagi tim liga 1 pasti ada agenda tour away, menggunakan fasilitas umum seperti pesawat, bus, kereta, dan lain sebagainya serta banyak bergumul dengan banyak orang seperti fans pendukung,” ujarnya.

Dokter AL menyampaikan langkah yang perlu dilakukan bagi para pemain di Liga 1, Diantaranya :
1. Gunakan masker hidung-mulut dengan cara yang benar dimana bagian warna yang cerah/berwarna ada di bagian luar dengan bagian yg bisa ditekuk ada di bagian atas utk menyesuaikan bentuk punggung hidung.
2. Gunakan masker cukup maksimal sehari dan buang pada tempat sampah jika sudah selesai.
3. Cuci tangan dengan 6 langkah yang benar (bisa lihat di youtube) atau selama 20 detik.
4. Bawalah hand wash steril yang mudah di bawa dan mudah digunakan sewaktu-waktu.
5. Hindari banyak memegang/bersinggungan dengan fasilitas umum seperti memegang karet eskalator, pegangan berdiri pada bus, pegangan berdiri pada kereta api, mouse komputer, dll yang sering digunakan oleh orang umum lainnya. Jika hal tersebut tidak dapat dihindari maka gunakanlah hand wash steril tadi utk cuci tangan singkat.
6. Gunakan alat mandi pribadi seperti handuk, sabun, sikat gigi, sapu tangan dan alat makan seperti sendok, piring, gelas utk pribadi jangan saling bertukar.
7. Tutup hidung dan mulut jika batuk dan bersin. Dan jika kita berada dekat dengan orang batuk dan bersin maka usahakan agar kita menjauh atau menutup hidung mulu kita, langkah bagus adalah memakai masker.
8. Perilaku hidup bersih, sehat. makan dan minum bergizi dan seimbang. olah raga yang rajin.
9. Segera periksa ke dokter jika kondisi badan tidak sehat dan bugar agar segera ditindak lanjuti sehingga imunitas kembali membaik.

“Langkah-langkah tersebut sangatlah membantu imunitas tubuh terhadap virus dan penyakit lain,” ujarnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1728 seconds (0.1#10.140)