Kualifikasi Angkat Besi Olimpiade 2020 Berantakan Diterjang Virus Corona

Kamis, 19 Maret 2020 - 23:59 WIB
Kualifikasi Angkat Besi Olimpiade 2020 Berantakan Diterjang Virus Corona
Kualifikasi Angkat Besi Olimpiade 2020 Berantakan Diterjang Virus Corona
A A A
LAUSANNE - Pandemi virus corona membuat berantakan kualifikasi angkat besi Olimpiade 2020 Tokyo. Federasi Angkat Berat Internasional (IWF) memaksa melakukan perubahan sistem sistem setelah enam kejuaraan dibatalkan karena virus corona.

Perubahan sistem ini pun telah dikirim ke Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk disetujui. Diyakini bahwa perubahan, yang diusulkan oleh Komisi Olahraga IWF setelah diadakan dua pertemuan pekan lalu, akan memberi para atlet beberapa kelonggaran sehubungan dengan fase kualifikasi enam bulan ketiga dan terakhir.

Sebagai informasi, tiket olimpiade akan diperoleh seorang lifter jika tampil menimal pada enam kejuaraan yang ditetap pada 1 November 2018 lalu. Itu pun ditambah satu kejuraan dunia atau antar benua.

Namun, enam ajang kejuaraan dunia telah dihapus dalam kalender 2020 pada Maret dan April karena virus corona. Enam kejuaraan tersebut adalah Kejuaraan Dunia Junior IWF dan semua lima kejuaraan kontinental.

"IWF bersatu dalam mengungkapkan keprihatinannya untuk semua yang terkena dampak. Kami harus mengakui kenyataan kompetisi dan kamp pelatihan yang dibatalkan dan menyesuaikannya," bunyi pernyataan IWF, Kamis (19/3).

"IWF telah bergerak cepat untuk mengembangkan perubahan pada Sistem Kualifikasi Olimpiade yang mencerminkan keadaan baru ini. Pemeliharaan program anti-doping yang efektif adalah pertimbangan utama dalam mengembangkan perubahan yang diusulkan. Anggota Dewan Eksekutif juga menekankan perlunya memastikan kompetisi internasional dilanjutkan secepatnya dalam jangka pendek dan menengah."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9875 seconds (0.1#10.140)