Mengenang Bob Hasan, Bapak Atletik Pengorbit Atlet Muda Indonesia

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:03 WIB
Mengenang Bob Hasan, Bapak Atletik Pengorbit Atlet Muda Indonesia
Mengenang Bob Hasan, Bapak Atletik Pengorbit Atlet Muda Indonesia
A A A
JAKARTA - Mohammad Hasan alias Bob Hasan hari ini wafat di RSPAD Jakarta. Sumbangsihnya di dunia olahraga cukup besar, salah satunya sebagai penyandang dana Lalu Muhammad Zohri di pentas atletik dunia.

Siapa tak bangga dengan kesuksesan Lalu Zohri sebagai sprinter tercepat di Asia Tenggara. Zohri juga sukses menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia. Dan di belakanya ada sosok Bob Hasan.

Penguasaha yang dikenal pernah dekat dengan mantan Presiden Soeharto itu punya pengaruh besar dalam kesuksesan Zohri. Sebagai ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Bob Hasan rela merogoh kocek pribadinya untuk mendanai berbagai kegiatan Zohri.

Dalam berbagai kesempatan, Bob Hasan mengaku selalu tertarik pada bakat atlet muda. Tak heran, meski usianya sudah tidak muda lagi, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era Presiden Soeharto lebih suka terjun langsung mendidik atlet muda.

“Kasih kesempatan pada yang muda-muda,” kata Bob Hasan ketika mempersiapkan atlet untuk SEA Games 2019 lalu di komplek olahraga Stadion GBK, Jakarta, dikutip SINDOnews, 25 Oktober 2019.

Waktu itu keputusan Bob Hasan mendapat sorotan tajam karena tidak menyertakan Lalu Muhammad Zohri ke SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Namun, Bob Hasan berkeras bahwa Zohri akan fokus tampil di ajang yang lebih tinggi, seperti Olimpiade.

Hari ini Bob Hasan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta, Selasa (31/3). Dunia olahraga Tanah Air mengenangnya sebagai tokoh di balik layar dalam perkembangan cabang atletik. (Baca juga: Bob Hasan Wafat )

"Innalillahi Wa'Innalillahi Ro'Jiun telah kembali ke rahmatullah Bapak. Bob Hasan pada jam 11.00 siang di RS.PAD, Mari Doakan semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah,” kata Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Dewa Broto di grup percakapan wartawan olahraga, Selasa (31/3).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7631 seconds (0.1#10.140)