alexametrics

Rangking Dunia BWF Dibekukan, Rusak Poin Kualifikasi Olimpiade?

loading...
A+ A-
KUALA LUMPUR - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi membekukan Rangking Dunia dan Peringkat Dunia Junior hingga pemberitahuan lebih lanjut. Keputusan pembekuan rangking dunia BWF itu sebagai imbas banyaknya turnamen bulu tangkis yang ditunda atau dibatalkan karena wabah COVID-19.

Sejak pandemi virus corona menginfeksi dunia, tercatat 30 lebih turnamen bulutangkis yang masuk agenda resmi BWF ditunda atau dibatalkan dari pertengahan Maret 2020 hingga akhir April 2020. Hingga saat ini, BWF sulit untuk memprediksi kapan turnamen internasional berikutnya akan berlangsung dengan turnamen lebih lanjut juga diperkirakan akan ditangguhkan pada bulan Mei dan Juni. Turnamen terakhir yang masih selamat digelar adalah All England di Birmingham, Inggris.

Daftar peringkat yang dikeluarkan pada 17 Maret 2020 akan berfungsi pijakan turnamen internasional berikutnya. BWF akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai proses bagaimana peringkat pada akhirnya akan 'dibekukan' setelah dimulainya turnamen internasional.

Namun, sulit untuk menguraikan prosedur yang tepat sampai kami memiliki gambaran yang tepat tentang apa yang akan terlihat seperti kalender internasional setelah permainan dilanjutkan dan turnamen yang ditangguhkan telah dijadwal ulang.

Dalam pernyataannya, BWF menuliskan, ''Kami mencari solusi untuk mencairkan peringkat untuk menghindari penurunan poin dari turnamen sebelumnya yang menyebabkan dampak ekstrem pada struktur peringkat. BWF bekerja sama erat dengan Komisi Atlet tentang dampak dari situasi COVID-19 pada pemain.''

Komisi Atlet sepenuhnya mendukung pembekuan daftar Peringkat Dunia BWF dari Minggu ke-12, dan setuju bahwa prosedur yang tepat untuk tidak membuka peringkat perlu ditentukan berdasarkan informasi kalender turnamen yang lebih tepat yang saat ini sedang ditinjau.

BWF berharap untuk mengkomunikasikan lebih banyak informasi tentang turnamen yang dijadwal ulang dalam beberapa minggu mendatang, yang juga akan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang penetapan peringkat setelah dianggap aman untuk melanjutkan turnamen.

Setelah pengumuman kemarin untuk menjadwal ulang Olimpiade Tokyo 2020 hingga 23 Juli hingga 8 Agustus 2021, BWF sekarang juga akan memulai proses peninjauan untuk mengkonfirmasi dampak pada sistem kualifikasi Olimpiade. Konsekuensi pembekuan Rangking Dunia Dunia tidak akan berlaku untuk sistem kualifikasi poin Olimpiade.

Proses peninjauan ini diperkirakan akan memakan waktu beberapa minggu di mana BWF akan membuat pengumuman lebih lanjut setelah semua keadaan dipertimbangkan dengan cermat.

(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top