alexametrics

Mampukah Novak Djokovic Mengulang Musim Terbaik 2011 dan 2015?

loading...
A+ A-
INDIAN WELLS - Setelah memenangkan Dubai Duty Free Tenis Championship satu bulan lalu untuk mengukir rekor 18-0 pada musim 2020, Novak Djokovic merintis jalan mencapai musim yang sempurna. Prestasi yang pernah dilaluinya pada 2011 dan 2015. "Salah satu target adalah tidak terkalahkan sepanjang musim," kata Djokovic di lapangan, sambil tertawa. "Tidak, aku bercanda. Sebenarnya saya tidak bercanda."

Meskipun Djokovic tidak serius menjalani musim penuh tanpa kekalahan, pemain Serbia ini telah menyelesaikan beberapa pertandingan dengan sempurna, sebagaimana dirinci oleh ATP Uncovered yang disajikan oleh Peugeot.

2011
Rekor Menang-Kalah: 70-6
Trofi: 10
Gelar Grand Slam: 3

Djokovic memulai musim 2011 sebagai pemain No. 3 dalam ATP Rankings. Petenis Serbia itu menembus No. 2, tetapi tidak pernah ke puncak. Itu semua berubah berkat salah satu awal terbaik untuk satu musim dalam sejarah, yang membawanya tidak hanya mencapai No. 1 Dunia untuk pertama kalinya, tetapi untuk menyelesaikannya di tahun yang sama.

Djokovic memenangkan 41 pertandingan pertamanya tahun 2011, dengan 31 dari kemenangan itu terjadi secara berurutan. Tiga belas dari kemenangan itu melawan 10 pesaing teratas. Mungkin yang paling mengesankan adalah pertandingan melawan Rafael Nadal. Dia memenangkan semua enam Head2Head dalam bentrokan melawan petenis Spanyol pada tahun 2011, dengan semua pertemuan tersebut berlangsung di final.

Djokovic mengangkat satu trofi Grand Slam dan mencapai dua final sebelum musim ini, tetapi ia mendapatkan tiga mahkota utama, menang di Australia Terbuka, Wimbledon dan AS Terbuka, mengklaim 10 gelar tingkat tur untuk tahun ini.

Apa Kata Mereka?
Pete Sampras: ’’Sudah setahun bagi Novak Djokovic. Luar biasa apa yang bisa dia lakukan. Sebuah transformasi di kepalanya telah mengubah (dia) menjadi atlet luar biasa yang secara mental telah menemukan jawabannya.”
Andre Agassi: ’’Benar-benar salah satu tahun terbaik sepanjang masa dalam olahraga kami.’’



2015

Catatan Menang-Kalah: 82-6

Trofi: 11

Gelar Grand Slam: 3

Djokovic menetapkan standar tertinggi pada musim 2011, tetapi ia memenangkan lebih banyak pertandingan pada musim 2015. Sebanyak 82 kemenangan lebih dari yang ia dapatkan dari sebelumnya.

Bukan hanya dia menang banyak, tetapi siapa yang dia kalahkan untuk melakukannya. Djokovic meraih 31 kemenangan atas petenis Top 10 di tahun 2015, termasuk 15 kemenangan gabungan melawan Nadal, Roger Federer dan Andy Murray.

Djokovic mengangkat 11 trofi tingkat tinggi sepanjang karir dan mencapai rekor tunggal selama 15 musim berturut-turut hingga akhir tahun, terbesar sejak 17 final beruntun Federer pada 2005-2006. Dia memenangkan rekor enam gelar ATP Masters 1000, mencapai babak final di delapan dari sembilan turnamen di tingkat itu pada tahun 2015.

Setelah hanya memenangi satu Grand Slam pada 2014, pemain Serbia itu meraih tiga gelar utama, muncul sebagai pemenang di Australia Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka. Dia menjadi orang ketiga yang mengikuti semua empat final utama dalam satu tahun selama Era Terbuka (juga Rod Laver pada 1969 dan Federer pada 2006, 2007 dan 2009).

Dia kemudian mengakhiri musim dengan penuh gaya, menjadi pemain pertama yang memenangkan empat gelar Nitto ATP Finals berturut-turut, mengakhiri akhir tahun sebagai petenis No. 1 untuk keempat kalinya dalam lima tahun.

Apa Kata Mereka?

John McEnroe: "(Sungguh menakjubkan) betapa konsistennya Novak berada pada tingkat setinggi ini."

Bjorn Borg: "Saya pikir apa yang dilakukan Djokovic adalah salah satu musim terbaik yang pernah dimiliki pemain."

Stan Smith: "Djokovic bermain di level di mana tidak ada yang benar-benar bisa mendapatkan celah dalam baju besi."
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top