Tren Latihan Virtual Tim Sepak Bola di Tengah Wabah Corona

Senin, 06 April 2020 - 09:25 WIB
Tren Latihan Virtual Tim Sepak Bola di Tengah Wabah Corona
Tren Latihan Virtual Tim Sepak Bola di Tengah Wabah Corona
A A A
MUNICH - Primera Liga sudah mengeluarkan protokol latihan untuk tim sepak bola di tengah pandemi corona yang berimbas pada terhentinya kompetisi. Mulai dari latihan di gym, dapur atlet, sampai latihan di lapangan. Tapi, belum semua otoritas sepak bola di Eropa melakukan hal serupa. Di Inggris dan Bundesliga misalnya. Kedua kompetisi itu masih berkutat tentang perlu tidaknya melakukan pemotongan gaji demi menyelamatkan finansial tim.

Padahal pemain tetap harus menjalani menu latihan, baik fisik ataupun taktik dari tim pelatih. Semua itu harus dilakukan demi menjaga kondisi pemain dan pemahaman tentang apa yang diiginkan pelatih sehingga begitu kompetisi dimulai, mereka tidak butuh adaptasi terlalu lama.

Jadi, salah satu cara yang dilakukan adalah menjalani latihan melalui zoom meeting. Iya, sebuah software yang juga populer di kalangan pekerja dan pelajar Indonesia ini menjadi salah satu sarana klub untuk memantau aktivitas pemain serta memberikan program agar tetap berada dalam kondisi terbaik.

Seperti tim Bundesliga Bayern Muenchen. Kepala Kebugaran Muenchen Holger Broich menjelaskan, jika para pemain dilengkapi dengan jam tangan olahraga yang memadai. “Ini berarti kita menerima semua data spesifik pemain, seperti detak jantung pada monitornya,” kata Broich dikutip dailymail.

Selanjutnya mereka menjalani sesi video yang berlangsung antara 75 sampai dengan 90 menit. Semua tergantung pada latihan tepat yang harus mereka lakukan. “Kami menuntut ketepatan waktu dan disiplin. Kemarin (Rabu), setelah pelatihan, para pemain saling berbicara dan bertukar kabar. Inilah sebabnya, pelatihan dalam konferensi video adalah momen penting dalam kehidupan kolektif saat ini,” katanya.

Tottenham Hotspur juga melakukan latihan bersam-sama secara virtual. Dalam sebuah video yang diunggah di halaman Twitter Tottenham, Mourinho dan dua pelatihnya terlihat berbicara dengan pemain di tautan video dari kompleks pelatihan Enfield Klub.

Dele Alli, Davinson Sanchez, Toby Alderweireld, Ben Davies, dan Hugo Loris adalah beberapa dari pemain yang terlihat berolahraga saat kamera bergerak masuk pada aplikasi Zoom.

Tottenham juga mengunggah video Mourinho yang menginstruksikan para pemainnya menyelesaikan lebih banyak latihan teknis. “Lima menit, menyentuh bola. Jika Anda memiliki dinding atau jika ada seseorang di rumah Anda, jika Anda memiliki taman, pergilah ke kebun,” ujarnya.

Bukan hanya tim elite, salah satu klub Inggris Oxford United yang bermain di League One juga melakukan cara sama. Pertemuan di Zoom telah menjadi kehidupan sehari-hari bagi para pemain, meskipun tidak semua orang siap pada hari pertama pelatihan dari rumah. “Beberapa pemain masih di tempat tidur pada hari pertama kami melakukannya,” kata kapten klub John Mousinho dikutip Sky Sports.

Para pemain tidak sepenuhnya menyadari bahwa itu adalah pertemuan serius dan harus siap untuk berlatih segera. Jadi mereka lagsung dikeluarkan dari sistem, tapi setelah itu, semuanya berjalan lancar. “Kami memiliki rencana pelatihan terstruktur. Minggu lalu, kami efektif masuk setiap hari,” katanya. (Maruf)
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4916 seconds (0.1#10.140)