Orange song suntikan penyemangat Belanda

Selasa, 12 Juni 2012 - 14:25 WIB
Orange song suntikan penyemangat Belanda
Orange song suntikan penyemangat Belanda
A A A
Sindonews.com - Selalu menggema dan mudah dinyanyikan bersama. Itulah syarat mengkomposisi lagu Orange atau warga Belanda menyebutnya Orange Song. Setiap kali timnas Belanda bertanding baik untuk Piala Eropa ataupun Piala Dunia , beberapa artis Belanda mencoba menciptakan lagu yang gampang dinyanyikan bersama. Tapi tidak banyak lagu yang berhasil menaklukkan stadion.

“Tidak ada kiat mujarab untuk menjadi populer,” kata filsufis Belanda Rene Gude dilansir RNW. Menurutnya, syarat sebuah lagu yang popluer ialah harus mencolok dan tidak terlalu ruwet. Tapi yang paling penting adalah, harus menyulut demam Orange di kalangan penggemar bola di seantero Belanda.

Lagu Orange pertama diciptakan pada 1934 dengan judul "Kami Mau ke Roma". Sejak itu, para komposer lagu berusaha keras untuk membangkitkan rasa nasionalisme selama pertandingan.

Seperti diketahui, Belanda akan bertemu Jerman dalam pertandingan Grup B di Stadion Metalist, Kharkiv, Rabu (13/6) nanti. Sebagai penentuan untuk melaju ke pertandingan selanjutnya, fans Belanda harus menyanyikan dengan keras untuk memebri semangat kepada Robin van Persie dkk.

Sebab, tanpa nyanyian Orange Song, nampaknya Belanda akan minim motivasi sehingga bukan tidak mungkin akan terlempar lebih awal dari Piala Eropa 2012 jika mendapat kekalahan.

Belanda sendiri telah kalah 0-1 dari Denmark Sabtu (9/6) lalau setelah Michael Krohn-Delhi mencetak gol di babak pertama memupus dominasi tim oranje. Tim asuhan Bert van Marwijk kemudian bertemu Portugal pekan depan untuk memastikan lolos dari grup neraka tersebut.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5166 seconds (0.1#10.140)