Panen kejutan menuju perempat final

Rabu, 01 Agustus 2012 - 09:34 WIB
Panen kejutan menuju perempat final
Panen kejutan menuju perempat final
A A A
Sindonews.com – Babak penyisihan grup cabang sepak bola Olimpiade 2012 telah memasuki tahap akhir.Banyak kejutan yang terjadi. Tim-tim yang sebelumnya diunggulkan, justru angkat koper lebih dini.Salah satu tim yang paling mencuri perhatian adalah Jepang.

Skuad asuhan Takashi Sekizuka tersebut kokoh di puncak Grup D dengan mengoleksi enam poin hasil dari dua kemenangan atas Spanyol (1-0) dan Maroko (1-0). Tim berjuluk Blue Samurai tersebut tampaknya ingin meneruskan tren positif mereka dengan menargetkan kemenangan saat bertemu runner-up Grup D Honduras. Jika berhasil mengalahkan Honduras, Jepang akan mengumpulkan poin sempurna,yakni sembilan.

Meski tidak diunggulkan,Honduras juga mempunyai peluang menggeser Jepang di puncak klasemen,yakni dengan meraih kemenangan.Saat ini skuad asuhan Luis Fernando Suarez tersebut baru mengumpulkan empat poin hasil dari satu kali imbang melawan Maroko (2-2) dan satu kemenangan atas Spanyol (1-0). Hanya dengan kemenangan atas Jepang yang bisa membuat Honduras meraih poin maksimal tujuh poin.

Selain itu,hasil imbang juga cukup bagi Honduras untuk mengamankan posisi kedua demi menjaga peluang mereka untuk lolos ke babak perempat final. Sementara di Grup B,persaingan justru lebih ketat.Meksiko yang memuncaki klasemen sementara dengan empat poin harus bersaing dengan Korea Selatan yang berada di posisi kedua dengan poin yang sama.Kedua tim mempunyai peluang yang sama besar untuk menjuarai Grup B.

Meksiko tentu ingin mengamankan posisi mereka di puncak klasemen. Syaratnya,skuad asuhan Luis Fernando Tena tersebut harus mengalahkan Swiss. Namun,jika di saat yang bersamaan Korea Selatan juga memetik kemenangan atas Gabon,keduanya akan mempunyai poin yang sama,yakni tujuh.Jika hal itu terjadi, juara Grup B ditentukan dengan selisih gol.

Swiss juga tidak boleh dipandang sebelah mata.Diego Benaglio dan kawankawan berpeluang menyamai poin Korea Selatan.Hal tersebut dapat terjadi jika Swiss mampu menundukkan Meksiko dan Korea Selatan takluk di tangan Gabon. Di Grup A, Inggris Raya,Senegal dan Uruguay mempunyai peluang yang sama besar untuk menjadi juara grup.Inggris Raya yang saat ini berada di puncak klasemen akan berhadapan dengan Uruguay.

Jika Ryan Giggs dan kawan-kawan mampu mengalahkan Uruguay,mereka akan mengumpulkan tujuh poin. Tapi,jika Uruguay mampu mengalahkan Inggris Raya,poin mereka menjadi enam dan berpeluang menempati puncak klasemen.Namun,semua itu tidak akan terjadi jika Senegal meraih kemenangan atas UEA.Secara keseluruhan,skuad asuhan Joseph Koto tersebut akan mengoleksi tujuh poin.Mereka secara otomatis akan menduduki posisi teratas jika Inggris Raya dan Uruguay bermain imbang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7053 seconds (0.1#10.140)