Liga Mahasiswa persiapkan tiga cabang olahraga lagi

Minggu, 21 Oktober 2012 - 20:25 WIB
Liga Mahasiswa persiapkan tiga cabang olahraga lagi
Liga Mahasiswa persiapkan tiga cabang olahraga lagi
A A A
Sindonews.com – Selain mempertandingkan bola basket antar kampus, Liga Mahasiswa (Lima) juga menyelenggarakan cabang olah raga lainnya. Beberapa diantaranya yang kini sedang dipersiapkan adalah bulutangkis, renang, dan golf. Ketiga cabang olah raga tersebut rencananya digelar pada Maret dan Juni 2013.

Dwui Eriano, Operations Panitia Pelaksana ajang ini, mengatakan, pihaknya terus mengupayakan bertambahnya cabang olah raga yang dipertandingkan. Bahkan dalam jangka panjang, Lima menargetkan semua olah raga ada dalam event bergengsi antar kampus itu. “Kami menginginkan semua cabang olah raga ada pertandingan antarkampusnya. Melalui Lima ini, keinginan tersebut semoga bisa tercapai. Tujuannya adalah agar perekrutan atlet, baik untuk kebutuhan daerah masing-masing ataupun untuk tim nasional, bisa lebih banyak pilihan,” ungkap Eriano kepada Sindo di GOR C-Tra Arena, Jalan Pahlawan, Kota Bandung, Minggu (21/10).

Sistem penyelenggaraan liga cabang-cabang olah raga tersebut, ungkapnya, bisa dilakukan dengan cara merangkul kompetisi yang sudah ada. Hal itu pula yang kini dilakukan Lima terhadap cabang olah raga bola basket. Sebelumnya, liga antar kampus dalam olah raga ini digelar dalam kemasan Liga Basket Mahasiswa Nasional (Libamanas). Namun kemudian dilebur dalam Lima, dengan tujuan lebih terorganisasi dan dapat berjalan beriringan dengan cabang olah raga lainnya. “Dalam cabang bola basket, sebenarnya Lima ini sama saja dengan Libamanas yang sebelumnya menjadi titel kompetisi. Hanya saja bedanya, di gelaran Lima ini ditambah dengan berbagai cabang olah raga lain. Untuk langkah awal, kami merencanakan Lima Bulutangkis yang digelar Maret 2013, serta cabang golf dan renang yang disiapkan untuk Juni 2013,” jelasnya.

Lima Basket, menggunakan system pembagian wilayah sebelum nantinya para pemenang dipertemukan dalam babak grand final. Lima Basket wilayah Jawa Barat, digelar sejak Jumat (19/10). Di wilayah ini, Lima mempertemukan tim bola basket dari sepuluh perguruan tinggi. Setiap kampus mengirimkan tim putera dan puteri.

Pada lanjutan Lima Basket wilayah Jawa Barat, muncul kejutan saat tim puteri Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dikalahkan Universitas Padjajaran (Unpad) dalam pertandingan yang berlangsung di GOR C-Tra Arena. Tim yang paling diunggulkan di nomor puteri tersebut menyerah dengan angka 37-43. Di kuarter pertama, UPI sebenarnya unggul dengan skor 10-7. Namun melihat hasil tersebut, Unpad meningkatkan irama permainan. Tim puteri Padjadjaran pun mampu merebut kuarter kedua dengan kedudukan 9-12.

Para pebasket puteri UPI tidak mampu keluar dari tekanan. Sedangkan Unpad terus mempertahankan permainannya, hingga kuarter ketiga dan keempat pun berhasil dimenangkan. Masing-masing dengan skor 10-12 dan 8-12. Melalui hasil ini, tim bola basket puteri Unpad menduduki peringkat pertama klasemen sementara dengan dua kemenangan. Peringkat selanjutnya ditempati UPI dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kesatuan Bogor, keduanya sama-sama mengumpulkan satu poin kemenangan dan satu kali kalah.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5686 seconds (0.1#10.140)