Teka-teki Guardiola?

Senin, 26 November 2012 - 07:40 WIB
Teka-teki Guardiola?
Teka-teki Guardiola?
A A A
Sindonews.com - Keinginan bos besar Chelsea Roman Abramovich untuk mempekerjakan mantan pelatih Barcelona Josep Guardiola terancam kandas. Konon, Guardiola justru lebih tertarik menangani Manchester United (MU).

Guardiola merupakan sosok pelatih yang saat ini banyak diinginkan klub besar.Catatan bagusnya bersama Barcelona membuat banyak pemimpin klub tercengang.Dia merupakan salah satu nakhoda terbaik di dunia saat ini,selain Jose Mourinho.Akibatnya, sederet klub mengantre mendapatkan tanda tangan pria Katalan itu. Chelsea merupakan salah satu klub yang sangat gencar melakukan pendekatan dengan Guardiola.

Sejak musim panas lalu,pemilik The Blues itu telah mengungkapkan bahwa Guardiola merupakan target utama untuk diboyong ke Stamford Bridge.Abramovich ingin di tangan Guardiola,Chelsea dapat mendulang kesuksesan seperti Barcelona. Setelah memecat Roberto di Matteo dan menggantikannya dengan Rafael Benitez untuk sementara waktu,Abramovich berharap Guardiola mau mengambil alih kursi kepelatihan di Stamford Bridge,musim panas mendatang.

Namun,Guardiola ternyata lebih tertarik menjadi suksesor Sir Alex Ferguson di Old Trafford. Dilansir The Sun,hal tersebut diungkapkan orang dekat Guardiola.Jika tawaran itu datang, Guardiola pun disebutkan siap melakukan penolakan.”Seluruh cerita sejarah mengenai MU,hubungannya dengan Ferguson, dan bagaimana perjalanan klub itu menjadi pertimbangan Guardiola,”ungkap orang terdekat Guardiola itu.

Pilihan MU dibanding Chelsea karena Guardiola merupakan sosok pelatih yang tidak bisa diintervensi.Dia hanya ingin melakukan apa yang akan dilakukannya tanpa ada campur tangan orang lain,terutama pemilik klub.Dia ingin berkonsentrasi penuh memikirkan semua aspek di tim. Dengan cara Abramovich memperlakukan beberapa arsitek Chelsea, tentu akan menjadi catatan bagi pelatih berusia 41 tahun itu.

Dibanding Chelsea,kondisi MU akan membuat Guardiola merasa lebih senang menunggu hingga Sir Alex pensiun.”Akan menjadi hal yang sangat mengejutkan bagi saya jika dia menerima tawaran Chelsea.Dia benar-benar ingin menunggu pekerjaan di MU.Meski harus memperpanjang waktu istirahat dari pertandingan sepak bola,Guardiola akan sabar menunggu tawaran MU,”tutur sosok tersebut.

Menurut sumber tersebut,Guardiola juga mendengarkan berbagai masukan dari banyak orang.Namun,dari beberapa klub Inggris, dia lebih terkesan dengan dua klub kota Manchester,yaitu Manchester City dan MU. Hal itu lantaran stabilitas yang ditunjukkan kedua tim tersebut lebih bagus dari Chelsea. Guardiola adalah sosok manajer yang ingin semuanya berlangsung sempurna.

Dia memiliki gaya kepelatihan yang berbeda dengan pelatih lain.Selain itu,dia juga pelatih yang sangat dekat dengan para pemain. Hingga kini,Guardiola masih memiliki hubungan personal yang sangat baik dengan para punggawa Barcelona. Selama menjadi pelatih di Camp Nou,Guardiola telah memberikan semua gelar (kecuali Liga Europa).

Dia menyumbang 3 gelar Primera Liga,2 Copa del Rey,3 Supercopa de Espana,2 Trofi Liga Champions,2 Piala Super Eropa, dan 2 Piala Dunia Antarklub FIFA. Guardiola juga tercatat sebagai satu-satunya pelatih yang mampu menyapu enam gelar dalam satu musim.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6763 seconds (0.1#10.140)