Bilic kutuk pendukung Kroasia pelaku rasis

Senin, 18 Juni 2012 - 09:58 WIB
Bilic kutuk pendukung Kroasia pelaku rasis
Bilic kutuk pendukung Kroasia pelaku rasis
A A A
Sindonews.com - Pelatih Kroasia Slaven Bilic, mengutuk pendukungnya sendiri yang terbukti melakukan tindakan rasial selama pertandingan Grup C Piala Eropa 2012 saat timnya melawan Italia. Pendukung Kroasia diduga melempar pisang ke arah penyerang Italia Mario Balotelli, dan melakukan nyanyian monyet.

"Ini adalah masalah besar di seluruh Eropa dan seluruh dunia dan atas nama seluruh bangsa Kroasia saya benar-benar kecewa sebagai warga Kroasia, orangtua, serta sebagai seorang olahragawan. Seharusnya semua orang dapat membuka hati dan toleransi antar negara," ucap Bilic, seperti dilansir Soccerway, Senin (18/6/2012).

Bilic juga mengaku sangat kesal dengan kejadin ini, dan telah mengutarakan kepada semua pemainnya. Namun, Bilic bersikeras hanya sebagian kecil dari pendukung Kroasia yang melakukan tindakan rasial tersebut.

"Semua orang di negara kami dan juga pemain saya tidak suka dengan jenis pendukung seperti itu. Saya tinggal di Kroasia. Kami benar-benar negara toleran, tidak ada rasis dan kami marah pada pendukung gila ini. Kami harus memberikan sanksi dan mencoba menghentikan pendukung seperti itu," tegas Bilic.

Terkait masa depan pelatih yang kini berusia 43 tahun ini dalam mengarsiteki Kroasia, dikabarkan akan berakhir usai Piala Eropa 2012 dimana ia akan melatih klub Lokomotiv Moskow. Namun Bilic percaya ia masih memiliki pekerjaan yang belum selesai dengan tim nasional Kroasia, dimulai dengan menang atas juara bertahan Spanyol.

"Saya yakin bahwa ini tidak akan menjadi pertandingan terakhir saya, tetapi jika itu terjadi. Saya akan meninggalkan tim ini dengan meyakinkan bahwa kami telah melakukan pekerjaan besar," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7728 seconds (0.1#10.140)
pixels