Grup neraka, Persis Solo jalani dua derby

Minggu, 06 Januari 2013 - 11:46 WIB
Grup neraka, Persis Solo jalani dua derby
Grup neraka, Persis Solo jalani dua derby
A A A
Sindonews.com - PT Liga Indonesia (Liga) sudah merilis jadwal resmi pertandingan Divisi Utama semusim ke depan. Kick off segunda division ditabuh 4 Februari mendatang. Namun, managemen Persis Solo mengaku persiapan tim berjuluk Laskar Sambernyawa mepet meski perhelatan tinggal sebulan lagi.

Parahnya lagi, Persis Solo masuk di Grup II yang terbilang 'grup 'angker' yang dihuni PSIM Yogyakarta, Persitara Jakarta Utara, Persikabo Bogor, Persikad Kota Depok, Persip Pekalongan, Persitema Temanggung, PSIS Semarang, Persiku Kudus, Persipur Purwodadi, Persis Solo dan PSCS Cilacap.

Manager Persis Solo Totok Supriyanto mengakui persiapan tim yang dinakhodai Agung Setyabudi kurang ideal. "Memang persiapan kami kurang ideal karena kompetisi tinggal tiga minggu lagi. Itu (persiapan) terlalu mepet," katanya, Sabtu (5/1/2013).

Tentunya yang menjadi perhatian Persis Solo adalah dua rival bebuyutannya, yakni PSIS Semarang dan PSIM Yogyakarta. Persis Solo harus menjalani dua derby, kontra PSIS Semarang dikenal dengan Derby Jawa Tengah, sedangkan versus PSIM Yogyakarta dikenal dengan Derby Mataram.

Ini berbeda dibanding musim lalu, di mana tim kebanggaan publik Kota Bengawan ini hanya melakoni satu derby yakni kontra PSIM Yogyakarta. Sedangkan PSIS musim lalu berlaga di Divisi Utama versi Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). Awalnya Persis terhindar dari Derby Mataram karena PSIM Yogyakarta masuk di Grup III, namun kemudian direvisi masuk ke Grup II.

Totok mengakui, bagaimana pun Persis Solo harus siap mengarungi kompetisi second league semusim ke depan. Beruntung di laga perdana pada 4 Ferbruari, Persis menjamu Persitara di Stadion Manahan. Kemenangan di laga perdana menjadi modal penting bagi tim yang berdiri sejak 1923 tersebut. "Kita harus siap," tegas Totok.

Karetaker pelatih Persis Solo Agung Setyabudi mengaku sudah mengantongi kerangka tim untuk melakoni musim 2013. "Kerangka tim sudah ada, setidaknya ada 18 pemain yang bisa direkomendasikan dikontrak. Boleh dibilang lengkap, ada di semua posisi," kata mantan kapten Timnas.

Namun, Agung enggan menyebut nama-nama yang direkomendasikan tersebut. Yang pasti dia mengaku bangga banyak pemain yang ikut seleksi Persis. "Ini menandakan Persis sebagai tim bagus," imbuhnya.

Berikut jadwal Persis Solo di Divisi Utama PT Liga 2013

Putaran pertama
4/2 Persis vs Persitara
11/2 PSIM vs Persis
15/2 PSCS vs Persis
19/2 Persis vs Persikad depok
23/2 Persis vs Persikabo bogor
10/3 Persiku vs Persis
14/3 PSIS vs Persis
18/3 Persis vs Persitema
22/3 Persis vs Persip pekalongan
30/3 Persipur v Persis

Jeda putaran kedua berlangsung 2-18 Apri 2013.

Putaran kedua
21/4 Persis vs Persipur
27/4 Persitema vs Persis
1/5 Persip vs Persis
5/5 Persis vs Persiku
8/5 Persis vs PSIS
24/5 Persikabo vs Persis
28/5 Persikad vs Persis
1/6 Persis vs PSIM
5/6 Persis vs PSCS
13/6 Persitema vs Persis
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7197 seconds (0.1#10.140)
pixels