Lima tim wakili Jawa Barat

Senin, 07 Januari 2013 - 13:44 WIB
Lima tim wakili Jawa Barat
Lima tim wakili Jawa Barat
A A A
Sindonews.com - Lima tim dari empat kampus berbeda berhasil mewakili Jawa Barat di Grand Final Liga Mahasiswa (Lima) Bola Basket. Mereka terdiri dari tiga tim putera dan tiga tim puteri. Kelimanya menjadi wakil regional setelah menempati peringkat tertinggi di Blibli.com West Java Conference.

Di kategori puteri, Jawa Barat diwakili juara I tim Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Parahyangan sebagai juara II. Sedangkan di kelas putera, Juara I Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), Juara II UPI dan Universitas Widyatama sebagai Juara III menjadi tumpuan wilayah ini.

Di Blibli Java Conference, juara pertama berhak mendapat hadiah Rp 3,5 juta, juara II Rp 2,5 juta, dan juara III Rp 1,5 juta. Sementara Oni dari tim puteri Upi dan Tedi dari tim putera ITHB terpilih sebagai Most Valuable Player. Keduanya berhak atas hadiah Rp 500 ribu.

Laga final Blibli.com West Java Conference sendiri digelar di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (6/1). Tim puteri UPI berhasil menjuarai seri regional ini dengan mengalahkan Universitas Parahyangan (Unpar). Pertandingan sebenarnya berlangsung sengit. Kekuatan kedua tim seimbang sepanjang laga. Namun kematangan Oni dkk menjadi salah satu faktor penentu kemenangan UPI.

Baik para pemain UPI maupun Unpar sudah terlibat permainan ketat sejak kuarter pertama. Hasilnya, babak ini berakhir dengan skor 12-9 untuk tim puteri UPI. Memasuki paruh kedua, tim puteri Alligator Unpar berusaha keras mengejar ketertinggalan. Patricia dkk bahkan mampu berbalik unggul satu poin atas UPI dengan skor 25-26. Permainan di kuarter ketiga semakin sengit. Bahkan beberapa kali kedua tim saling susul poin. Hingga kuarter ini, baik UPI maupun Unpar sama-sama meraih poin 41.

Kedudukan imbang di kuarter ketiga membuat laga menegangkan terjadi di kuarter keempat. Pada babak terakhir ini, kedua tim tampil ngotot. Mereka sama-sama berusaha keras meraih angka untuk menggapai titel juara pertama. Namun para pemain UPI lebih sedikit membuat kesalahan. Mereka pun berhasil menutup laga dengan kedudukan akhir 63-57.

Setelah final kategori puteri, tim putera UPI dan ITHB pun mendapat giliran untuk bersaing meraih Juara pertama. Meski pertandingan tak kalah ketat, namun tim UPI belum mampu mengimbangi permainan mahasiswa-mahasiswa ITHB. Sejak kuarter pertama, UPI sudah tertinggal dengan skor 12-14.

Di kuarter selanjutnya, ITHB melalui Zulmi berhasil memperjauh keunggulan mereka. Di saat UPI baru mampu menggapai angka 26, ITHB mengumpulkan 33 angka di akhir kuarter kedua. Memasuki kuarter ketiga, kondisi tak banyak berubah. ITHB tetap menyajikan pertahanan kokoh dan serangan-serangan atraktif. UPI pun berusaha keras mempersempit jarak poin dari lawannya. Kuarter ini berakhir dengan skor 46-58 untuk keunggulan ITHB.

Meski para pebasket UPI tampak mengeluarkan seluruh kemampuan mereka, itu tidak berbuah keberhasilan dalam menyamakan kedudukan. Laga final kategori putera ini pun berakhir dengan skor 55-80, kemenangan menjadi milik para mahasiswa ITHB.

Menanggapi selesainya Blibli.com West Java Conference, Event and Technical lima Iboy Eriano mengaku bangga dengan permainan para pebasket mahasiswa di regional Jawa Barat. Meski jumlah tim peserta di kompetisi tahun ini lebih sedikit, namun kualitas pertandingan dinilai lebih baik.

"Tahun ini memang peserta lebih sedikit karena banyak yang terbentur persyaratan kompetisi. Tiap kampus yang bertarung di Lima kali ini harus mengirimkann tim putera dan puteri sekaligus, itu yang tidak bisa dipenuhi beberapa calon peserta. Tapi meski jumlah peserta lebih sedikit, kualitas pertandingan dan permainan para peserta lebih baik dari sebelumnya," ujarnya di lokasi pertandingan.

Selain menyuguhkan pertandingan yang lebih berkualitas, kompetisi tahun ini juga dikemas lebih menarik. Sentuhan entertainment sangat kental terasa sepanjang Liga Mahasiswa Bola Basket. Hal itu pula yang diandalkan panitia untuk menarik minat mahasiswa di Kota Bandung dan Jawa Barat untuk menyaksikan pertandingan.

"Kami mengemasnya lebih menarik dengan sentuhan entertainment. Semoga adanya kompetisi ini bisa meningkatkan minat generasi muda kita terhadap olahraga, khususnya bola basket. Hal ini tentu penting untuk kemajuan dunia olahraga nasional. Selamat untuk lima tim yang mewakili wilayah Jawa Barat di Grand Final Lima yang akan digelar di Jakarta," pungkas Iboy.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7409 seconds (0.1#10.140)