Yeppy jalani Pelatnas di Subang

Senin, 14 Januari 2013 - 18:42 WIB
Yeppy jalani Pelatnas di Subang
Yeppy jalani Pelatnas di Subang
A A A
Sindonews.com - Atlet balap sepeda andalan Sumatera Selatan Yeppy Kurniawan mulai mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Subang, Jawa Barat. Pelatnas itu sebagai persiapan membela nama Indonesia di ajang SEA Games di Myanmar tahun ini.

Kabar itu diungkapkan Sekretaris Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumsel Tony Pusriadi, saat ditemui di Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Senin (14/1). Dia menjelaskan, Yeppy sejak Sabtu (12/1) kemarin sudah berangkat ke Subang untuk bergabung dengan para atlet pelatnas lainnya.
Surat panggilan dari Pengurus Besar ISSI sendiri sudah diterima oleh pihaknya sejak 7 Januari lalu.
Yeppy Kurniawan berhasil lolos setelah menunjukkan kualitas terbaiknya dalam seleksi nasional yang digelar PB Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI), beberapa waktu lalu. Hasilnya, dia dinyatakan lolos pelatihan nasional (pelatnas) persiapan SEA Games XXVII di Myanmar 2013.

"Kepastian mengenai lolosnya Yeppy ke pelatnas setelah dihubungi langsung melalui telepon oleh Ketua PB ISSI Sofyan Ruzian beberapa waktu lalu. Ketika itu,Pak Sofyan mengatakan, berdasarkan hasil seleksi nasional Yeppy Kurniawan dinyatakan memiliki potensi yang sangat besar. Apalagi,dia baru berusia 20 tahun sehingga kesempatannya untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitasnya masih sangat panjang,”paparnya.

Toni menambahkan,pada seleknas yang dilakukan PP ISSI tersebut, Yeppy berhasil masuk 10 besar di nomor kriterium. Sementara di nomor road race,Yeppy gagal memperlihatkan kualitasnya lantaran pecah ban saat di trek. Meski begitu,dia tetap berhasil sampai di garis finis. Staf KONI Sumsel ini melanjutkan, selain di nomor kriterium,sebenarnya Yeppy juga memiliki kualitas yang sangat baik di nomor individual time trial (ITT). Bahkan,nomor ini merupakan spesialisasinya.Hanya sayangnya, nomor ini tidak dipertandingkan.

”Jika saja dipertandingkan pada seleknas,saya yakin peluangnya lebih besar.Apalagi,pada gelaran PON XVIII di Riau lalu,dia mendapat berhasil masuk peringkat 7 besar.Rencananya, pelatnas balap sepeda akan dilaksanakan di Subang,Jawa Barat.Sebab di Palembang, Yeppy tidak ada teman sparing,”ujarnya.

Jadi,mulai Januari 2013 ini, Yeppy akan mengikuti pelatnas jangka panjang dengan sistem degradasi dan promosi sehingga akan ada evaluasi setiap triwulan. Apabila selama di pelatnas kualitasnya menurun,bisa jadi dia terlempar dan digantikan oleh atlet lain.

Pada seleknas kemarin,ISSI Sumsel mengirimkan tiga atletnya,tapi dua lainnya belum berhasil tampil maksimal dan masih di bawah Yeppy. Yeppy sendiri merupakan produk asli binaan Sumsel yang berasal dari Kabupaten Muara Enim.
Ayahnya, Mustakim,merupakan mantan pembalap sepeda Sumsel era 1985–1989 dan pernah ikut PON dan kini sekaligus menjadi pelatihnya.

”Untuk cabor balap sepeda,prestasi terbaik Sumsel pernah ditorehkan pada PON XV tahun 2000 di Surabaya.Ketika itu,atlet Sumsel berhasil meraih medali perunggu di nomor open road race serta di nomor beregu dengan atletnya seperti Jauhari Johan,Slamet Riyadi, dan Muttatohirin,”tandasnya.

Terpisah, Yeppy Kurniawan mengaku sangat senang karena telah menjalani latihan perdana bersama rekan-rekan lainnya di Pelatnas.
"Saya mohon doa restunya, semoga selama Pelatnas dapat menunjukkan hasil yang maksimal. Sehingga bisa lolos mengikuti SEA Games nanti,"ujarnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7339 seconds (0.1#10.140)