Ary Chandra selamatkan Pelita Jaya

Senin, 14 Januari 2013 - 21:37 WIB
Ary Chandra selamatkan Pelita Jaya
Ary Chandra selamatkan Pelita Jaya
A A A
Sindonews.com - Kemenangan dramatis dipetik Pelita Jaya Esia Jakarta saat meladeni Hangtuah Sumsel IM dalam lanjutan NBL Indonesia 2012-2013 seri Jakarta, Senin (14/1).
Sang penyelamat itu adalah Ary Chandra yang menjadi bintang sekaligus penentu kemenangan Pelita Jaya yang unggul 57-55 atas Hangtuah.
Pelita Jaya Esia Jakarta terlena ketika unggul jauh di akhir kuarter kedua. Melalui sebuah permainan yang apik dan tenang, Hangtuah Sumsel IM perlahan-lahan bangkit dan menyamakan kedudukan di detik-detik akhir.
Beruntung, ketergesa-gesaan Agustinus "Aguy" Dapas Sigar di kesempatan serangan terakhir dimanfaatkan dengan baik oleh Pelita Jaya yang berbalik menyerang dengan sebuah fast break. Ary Chandra yang berada di depan berhasil mengeksekusi lay-up shoot-nya dengan baik untuk memastikan kemenangan 57-55 bagi timnya. Sisa waktu di bawah dua detik tidak cukup bagi Hangtuah untuk berusaha menyamakan kedudukan ataupun mencuri kemenangan.
Hangtuah memberi perlawanan yang cukup baik di kuarter pertama. Namun performa hebat dan permainan cantik dari Andy Batam, Erick Sebayang, dan Kelly Purwanto menutup tampilan perlawanan Hangtuah. Pelita Jaya unggul 13-9 di akhir kuarter pertama.
Rapatnya pertahanan Pelita Jaya membuat Hangtuah mati kutu di kuarter kedua. Dari 17 usaha tembakan yang dilepaskan, hanya Tony Sugiharto yang mampu menambah poin. Hangtuah bertemu titik nadir di kuarter kedua, sementara Pelita Jaya melalui tembakan-tembakan Ary Chandra dan Daniel Wenas nyaris menyentuh zenith.
Keunggulan 36-11 di akhir kuarter kedua membuat Pelita Jaya seperti lengah. Tidak ada penjagaan ketat terutama kepada shooting guard Hangtuah, Agustinus Dapas Sigar. Aguy memasukan enam dari tujuh tembakan yang ia lepaskan dan menambah 15 angka dari total 21 poin Hangtuah di kuarter ketiga.
Kombinasi Tri Wilopo, Aguy, Adhi Pratama, dan Ngurah Teguh mendominasi kuarter terakhir. Andy Batam yang menempel ketat Aguy tidak berfungsi maksimal. Aguy masih mampu memasukan dua kali tembakan tiga angka. Dua poin dari Ary Chandra di sisa dua detik terakhir memaksa Apriyadi, kepala pelatih Hangtuah memeras otak untuk menemukan jalan selamat. Eksekusi Agustinus Sigar melenceng tepat saat bel waktu terakhir berbunyi.
Selain menjadi penentu kemenangan, Ary Chandra juga menjadi pencetak angka terbanyak bagi timnya dengan 13 poin. Pada kubu Hangtuah, Agustinus Sigar terbanyak dengan 21 poin.
”Akurasi tembakan tiga angka Aguy sangat luar biasa. Sebaliknya, field goal kami sangat mengecewakan,” ujar Nathaniel Canson, pelatih Pelita Jaya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0454 seconds (0.1#10.140)