Sahabat Semarang tumbangkan Tomang Sakti

Sabtu, 19 Januari 2013 - 16:05 WIB
Sahabat Semarang tumbangkan Tomang Sakti
Sahabat Semarang tumbangkan Tomang Sakti
A A A
Sindonews.com - Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta harus membayar mahal atas buruknya pertahanan mereka. Sahabat Semarang yang sebenarnya tidak bagus dalam akurasi mendapatkan kesempatan untuk mengulang-ulang usaha yang sama.
Repetisi dalam intensitas tinggi ini membuahkan hasil. Sahabat akhirnya berhasil memecundangi Tomang Sakti, 52-48, dalam lanjutan seri kedua Speedy WNBL Indonesia 2012-2013 di Hall A Senayan, Sabtu (19/1).
Berjalan setengah kuarter, Tomang Sakti menunjukkan tanda-tanda akan memenangkan laga dengan mudah. Tembakan tiga angka Wulan Ayu Ningrum dan Cecilia Maya bergantian mengubur Sahabat hingga lima menit pertama. Tomang Sakti berlari cepat hingga 13-0.
Setelah itu, mesin poin Tomang Sakti macet. Tidak ada lagi tambahan poin. Giliran Ivone Sinatra dan kawan-kawan yang melaju, walau masih lamban dan terhenti di angka sembilan poin saat bel akhir kuarter berbunyi.
Memasuki kuarter kedua, Tomang Sakti kembali maju. Tembakan tiga angka dari Sarce Buaim dan Cecilia kembali menjadi sumber poin terbanyak Tomang Sakti. Ironisnya, tiga pemain andalan Tomang Sakti, Jacklien Ibo, Wulan, dan Fanny Kalumata belum memberi kontribusi yang memuaskan. Kombinasi ketiganya hanya mengumpulkan sembilan dari total 24 poin Tomang Sakti di akhir kuarter kedua.
Rendahnya akurasi menjadi benturan penghalang bagi Tomang Sakti. Bagi Sahabat, kesempatan ini digunakan dengan baik untuk menyamakan kedudukan di akhir kuarter ketiga pada angka 35 sama.
Kejar-mengejar poin terjadi hingga angka 39 sama. Sebuah tembakan tiga angka dari Ivonne Sinatra membawa Sahabat unggul 42-39. Yuni Anggraeni dan Ivone kemudian memperlebar jarak menjadi 46-39.
Transisi menuju bertahan yang tidak seimbang dibandingkan ketika menyerang yang dimainkan Sahabat membuat Tomang Sakti mampu mengejar. Laga kembali berjalan imbang, 46 sama, ketika Wulan memasukkan tembakan tiga angka. Dalam giliran serangan selanjutnya, Debby Natasha membayar lunas tembakan Wulan.
Dua poin dari Yenny Zeng menjadi poin terakhir bagi Tomang Sakti. Meskipun Sahabat juga memainkan sistem pertahanan yang buruk, akurasi Tomang Sakti tidak mampu memanfaatkan hal ini. Dengan masing-masing hanya 10 poin, Wulan dan Yenny menjadi pencetak angka terbanyak bagi Tomang Sakti. Jacklien yang biasanya eksplosif hanya menambah tujuh poin, tetapi tetap fantastis dengan 19 rebound.
Sedangkan, di kubu Sahabat, Ivonne mencetak poin terbanyak dengan 16 poin. Yuni meraih double-double dengan 12 poin dan 12 rebound. Sementara Nathasa Debby mencetak 13 poin.
”Ini adalah kejutan besar karena kami tak pernah menang sebelumnya atas mereka (Tomang Sakti). Kemenangan ini berkat kerja keras para pemain, khususnya mereka yang berhasil menjalankan tugas meredam permainan Jacklien Ibo,” ujar head coach Sahabat Semarang, Xaverius Wiwid.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0628 seconds (0.1#10.140)