Trio legiun asing anyar pikat Suimin

Jum'at, 25 Januari 2013 - 17:01 WIB
Trio legiun asing anyar...
Trio legiun asing anyar pikat Suimin
A A A
Sindonews.com - Titik terang sepertinya mulai terlihat pada pencarian sosok pemain asing PSMS Medan versi PT LI. Pemain seleksi anyar yang bergabung pasca dipulangkannya tiga pendahulu, dinilai lebih baik dan layak bergabung.

Etoga Romaric, Cristiano Lopez, dan Martius masuk dalam kriteria pemain asing yang
diharapkan pelatih PSMS, Suimin Diharja. Performa ketiganya saat tim Ayam Kinantan menang telak 5-0 pada uji coba kontra PS Kinantan, Jumat (25/1) lalu mencuri perhatian Suimin.

Suimin menilai ketiga pemain asing itu punya visi bermain yang baik di setiap lini dan sesuai dengan karakter bermain PSMS Medan.

''Kemungkinan besar tiga pemain itu yang kami harapkan untuk bisa direkrut menjadi legiun asing PSMS. Kriteria mereka sudah masuk. Peluang mereka lebih besar daripada yang sebelumnya. Mereka cepat beradaptasi dengan tim. Itu terlihat pada uji coba kemarin,” katanya.

Romaric dengan pengalaman memperkuat sejumlah klub tanah air, cocok untuk mengisi lini belakang. Pengalamannyamemperkuat PSBLI Blitar dan Persisam Samarinda disebut Suimin menjadi penilaian yang pas. Bek dengan nama lengkap Engelbert Romaric Asse Etoga juga punya postur ideal dan punya visi bermain yang bagus. ''Untuk lini belakang, Abang (Suimin) memang perlu pemain asing yang punya pengalaman,” bebernya.

Martius Moralis juga dinilai cukup baik. Suimin menilai, pemain asal Brasil itu memenuhi kriteria untuk menjadi kreator di tengah kebuntuan. Begitu juga dengan Cristiano Lopez. Pada laga uji coba tersebut Cristiano menceploskan dua gol.

"Dengan masuknya dua pemain brazil ini sudah mulai mewarnai permainan kami . Cristiano meskipun posturnya tidak ideal untuk pemain asing, tapi dia punya skill di atas rata-rata. Itu menjadi kelebihannya selain pengalaman di Indonesia. Sementara Marius Moralis masih baru,” ujarnya.

Untuk kendala di awal, disebut Suimin hanya soal komunikasi dengan pemain lainnya di lapangan. ''Mereka sudah lumayan bagus. Hanya mungkin masalah komunikasi. Tapi itu karena mereka masih baru. Dalam latihan tadi (kemarin) sudah mulai membaik,” bebernya.

Baik di teknik dan taktik, ketiga pemain tersebut belum berada pada kondisi yang prima. Apalagi Romaric dan Cristiano usianya sudah di atas 30 tahun. Romaric berusia 35 tahun sementara Cristiano Lopez 34 tahun.

''Kondisi fisik mereka belum prima karena baru sampai. Kalau soal usia menurut abang tidak masalah. Nanti fisik mereka kami drill lagi dalam latihan,” ucap eks pelatih Persijap Jepara itu.

Namun, soal pemain debutan seperti Moralis, perekrutan bisa saja terganjal urusan Internasional Transfer Certificate (ITC), masalah yang ekrap menjadi penghalang seorang pemain asing bergabung. Belum lagi, laga perdana kontra PS Bengkulu pada 9 Februari mendatang hanya tinggal sekitar dua pekan lagi.

''Untuk si Moralis kalaupun nanti direkrut, kami akan tetap buat perjanjian. Kalau terganjal karena ITC sehingga enggak bisa dipakai di awal harus ada kompensasi. Misalnya satu pertandingan dia tidak ikut, harus dipotong 15 juta. Tapi harapannya cepat tuntas,” kata Media Officer PSMS, Abdi Panjaitan.

Suimin akan kembali menguji ketiga pemain itu pada laga uji coba di Kabupaten Batubara besok (Minggu 27/1). Suimin mengatakan evaluasi usai laga ujicoba dilakukan.

”Kemarin kita uji coba kita cetak lima gol. Ini jumlah gol terbesar kita selama uji coba. Biasanya kita hanya cetak tiga sampai empat gol. A rtinya sedikit demi sedikit hasil evaluasi sudah mulai bisa diperbaiki. Apalagi lawan yang kita hadapi banyak diperkuat pemain liga. Seperti Denny Wahyud, Didi Firmansyah, Imam Faisal dan pemain lain,” tandasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1083 seconds (0.1#10.140)