Gol kiper Zambia tahan Nigeria

Sabtu, 26 Januari 2013 - 01:31 WIB
Gol kiper Zambia tahan Nigeria
Gol kiper Zambia tahan Nigeria
A A A
Sindonews.com - Juara bertahan Zambia berhasil lolos dari kekalahan atas Nigeria pada laga lanjutan Piala Afrika 2013. Tertinggal lebih dulu melalui gol yang dicetak Emenike, Zambia baru dapat membalasnya jelang laga bubar melalui gol telat yang dilesatkan penjaga gawang Kennedy Mweene melalui titik putih untuk mengubah skor menjadi 1-1 hingga akhir laga.

Pada laga yang digelar di Mbombela Stadium, Zambia mencoba melakukan inisiatif serangan, tapi sayangnya perencanaan yang kurang baik dalam menyerang membuat pemain bertahan Nigeria dengan mudah mampu menggagalkannya. Peluang emas pertama justru didapatkan Nigeria melalui pergerakan Ahmed Musa yang terpaksa harus dijatuhkan Davies Nkausu di kotak terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih.

John Obi Mikel yang ditunjuk sebagai eksekutor ternyata tak mampu memanfaatkan peluang emas tersebut menjadi sebuah gol. Zambia sendiri bukan tanpa peluang ketika Isaac Chansa yang menusuk dari sayap kanan mampu membuatnya melesatkan umpan matang ke tengah tapi sayang tak ada teman yang menyambut. Hingga turun minum kedua tim masih sama kuat tanpa gol meski beberap kali mampu menciptakan peluang berbahaya.

Selanjutnya memasuki paruh kedua Nigeria langsung tancap gas dengan peluang yang diciptakan oleh Emenike yang berhasil mencongkel bola untuk melewati kiper Zambia tapi kembali bola belum tepat sasaran dan masih berada di atas mistar gawang. Pada kesempatan kedua Emenike tidak membuang peluang ketika ia akhirnya mampu menaklukan Kennedy Mweene untuk membuat timnya unggul 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Zambia melakukan perubahan strategi dengan memasukkan dua pemain baru, hasilnya Rainford Kalaba mampu membuka peluang ketika mampu berhadapan satu lawan satu dengan kiper Nigeria meski belum mampu menyamakan kedudukan. Pada menit ke 85 peluang emas didapatkan Zambia yang kali ini mendapatkan hadiah penalti saat Ogenyi Onazi dinilai melakukan pelanggaran keras kepada Emmanuel Mayuka.

Kiper Zambia Kennedy Mweene yang menjadi algojo mampu mengeksekusi penalti itu dengan sempurna untuk membuat skor menjadi imbang 1-1. Pada tambahan waktu meski kedua tim saling bertukar serangan tapi keduanya harus puas berbagi poin setelah laga barakhir dengan skor sama kuat.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8588 seconds (0.1#10.140)