Terapkan Promdeg di PBL 2013

Rabu, 30 Januari 2013 - 19:21 WIB
Terapkan Promdeg di...
Terapkan Promdeg di PBL 2013
A A A
Sindonews.com - Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Palembang akan kembali menggelar Palembang Basket Ball League (PBL) 2013. Untuk meningkatkan kualitas pertandingan, maka pada musim 2013 ini pihak penyelenggara rencananya akan menggunakan sistem promosi dan degradasi.

Pada PBL 2013 ini rencananya akan dilaksanakan di Rajawali Sport Club, 15 Februari-31 Maret ini. Hal itu diungkapkan Sekretaris Panitia Pelaksana PBL 2013 Hadi Imam Sudita, kemarin.

''Untuk itulah, kami juga telah merencanakan untuk mempersiapkan kompetisi PBL Divisi II. Sehingga klub yang berada di peringkat dua terbawah PBL akan langsung terkena degradasi ke Divisi II, begitu pula sebaliknya, klub yang berhasil keluar sebagai juara dan runner up dari Divisi II dapat promosi ke PBL,” terang dia.

Masih dikatakan Bendahara Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Palembang ini, pada event basket terbesar yang ketiga kalinya ini bakal diikuti 12 klub terbaik dari Kota Metropolis seperti Punai, Bima, Bangau, Citra, D’saint dan Puncak Jaya. Kemudian Unity, Bidar, NNB, Nuris D Baskom, Pusri dan OPC.

"PBL edisi pertama sendiri telah dilaksanakan pada 2009, namun 2010 dan 2011 kita tidak dapat laksanakan karena ada kendala teknis. Sedangkan untuk tahun 2012 baru kembali dilaksanakan. Juara tahun edisi pertama WPG namun kini sudah tidak eksis lagi, sementara juara edisi kedua Punai,” lanjutnya..

Pada gelaran PBL kali ini pertandingan akan mengunakan system kompetiti penuh dengan dibagi dalam dua pool. Dengan begini, seluruh tim memiliki kesempatan yang cukup banyak untuk menunjukkan kualitasnya dan juga berusaha untuk menorehkan prestasi terbaik. Karena bisa saja dalam satu pertandingan ada tim yang tidak tampil maksimal, tetapi pada laga selanjutnya mereka bisa bermain lebih baik.

“Pertandingan akan kami laksanakan setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Makanya kompetisi berjalan cukup lama. Nanti setelah melewati babak penyisihan grup rangking pertama dan kedua masing-masing pool berhak lolos ke semifinal. Technical meeting akan kita laksanakan 2 Februari nanti,” tukas dia.

Terpisah, Ketua Umum KONI Kota Palembang Baharuddin Ruaib menyambut baik rencana diselenggarakannya kembali PBL. Dia menilai setiap event akan sangat bermanfaat bagi pembinaan dan perkembangan atlet. Apalagi khusus olahraga basket, sangat digandrungi oleh kalangan pelajar dan juga kawula muda di Palembang saat ini.

''KONI Kota Palembang sangat mendukung kegiatan ini (PBL) baik secara moral maupun materil. Terlebih sesuai prosedur memang ada anggaran buat setiap kegiatan pengurus cabang (pengcab) olahraga. Kejuaraan daerah kita bantu setahun sekali, atlet ikut kejuaraan nasional juga kita bantu setahun sekali dan terakhir bantuan untuk wasit yang mengikuti pelatihan,” timpal pansiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0059 seconds (0.1#10.140)