Mali kandaskan Afrika Selatan lewat drama adu penalti

Minggu, 03 Februari 2013 - 05:30 WIB
Mali kandaskan Afrika...
Mali kandaskan Afrika Selatan lewat drama adu penalti
A A A
Sindonews.com - Tuan rumah Afrika Selatan harus terhenti langkahnya di Piala Afrika 2013. Tim berjuluk Bafana-Bafana itu kandas oleh Mali dalam drama adu penalti di babak perempatfinal. Setelah dalam waktu normal hanya bermain imbang 1-1

Dihelat di Moses Mabhida Stadium, Durban, Afrika tampil dihadapan pendukung sendiri langsung tancap gas. Alhasil, mereka mampu memcetak gol lebih dahulu lewat kaki Tokelo Anthony Rantie pada menit ke-31. Keunggulan itu pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Mali merespon ketertinggalan dengan mencetak gol penyeimbang. Adalah tandukan Seydou Keita yang mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan umpan Mamadou Samassa membuat kiper Afrika Itumeleng Khune tak mampu menghalau laju bola.

Setelah gol tersebut, baik Afrika Selatan maupun Mali etap berupaya menciptakan peluang. Tapi hingga pluit panjang berbunyi skor imbang 1-1- tetap tak berubah. Hasil ini memaksa kedua tim memainkan laga di babak tambahan waktu. Namun, setelah tak ada gol yang tercipta pada 2x15 menit masa extra time, pertandingan terpaksa dilanjutkan melalui drama adu penalti.

Pada babak ini, tiga eksekutor Mali mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sementara, tiga algojo Afrika Selatan gagal menjalankan tugas dengan baik dan hanya satu yang berhasil masuk. Dengan begitu, Mali berhak lolos ke babak semifinal dengan skor 1-3 dalam adu penalti ini dan menunggu pemenang pertandingan Pantai Gading kontra Nigeria.

Susunan pemain kedua tim :

Afrika Selatan: Itumeleng Khune; Siboniso Gaxa, Bongani Khumalo, Siyabonga Sangweni, Tsepo Masilela; Dean Furman, May Mahlangu, Reneilwe Letsholonyane, Thuso Phala (Thulani Serero 89'); Bernard Parker (Siphiwe Tshabalala 107'), Tokelo Rantie (Micheal Majoro 41')

Mali: Soumbeyla Diakite; Fousseiny Diawara, Adama Tamboura, Adama Coulibaly, Molla Wague; Momo Sissoko (Mahamane Traore 55'), Samba Diakite (Sigamary Diarra 24'), Samba Sow, Seydou Keita; Modibo Maiga, Mahamadou Samassa (Cheick Diabate 88')
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)