Kuartet pendekar Jabar berpeluang ke SEA Games

Sabtu, 09 Februari 2013 - 00:27 WIB
Kuartet pendekar Jabar berpeluang ke SEA Games
Kuartet pendekar Jabar berpeluang ke SEA Games
A A A
Sindonews.com - Empat pesilat Jawa Barat mendapat pelatihan khusus di Pelatnas. Wewey Wita, Yulinar Tikasari, Wahyudi Lukman, dan Yudi Purwadiono tengah digenjot skillnya bersama 49 pesilat dari daerah lain untuk dipersiapkan menghadapi beberapa event bergengsi.

Pelatih pencak silat Pelatnas asal Jabar, Ika Lesmana menuturkan, para pesilat tersebut kini terus digodok untuk disiapkan dalam berbagai even seperti kejuaraan Belgia Open bulan Mei 2013, Islamic Solidarity Games (ISG) pada Juni 2013 dan SEA Games Myanmar 2014.

Pada pertengahan ketiga di tahun 2013, rencananya 53 pesilat tersebut termasuk pesilat asal Jabar yang kini berlatih dibawah asuhan enam pelatih Pelatnas itu akan diseleksi. "Kita persiapkan segalanya sesuai kebutuhan. Rencananya tanggal 15-17 Maret ini mereka akan mengikuti seleksi," katanya.

Menurut Ika, seleksi ini bertujuan untuk memastikan siapa yang akan turun di Belgia Open, ISG atau SEA games. "Dengan seleksi itu kami bisa mengetahui kemampuan mereka dari ranking. Inti seleksi itu sebenarnya untuk tim SEA Games nanti," katanya.

Lebih lanjut Ika menuturkan, dirinya optimistis para pesilat Jabar akan lolos dan ikut dalam SEA games. Namun dirinya belum bisa memastikannya karena nomor yang dipertandingkan dalam SEA games belum keluar.

"Sebenarnya nomor yang akan dipertandingkan dalam SEA Games belum ada karena akan dipastikan dalam pertemuan bulan Maret sekarang. Tapi saya optimis pesilat Jabar akan lolos untuk tampil di SEA Games," katanya.

Selama di Pelatnas, empat pesilat Jabar tersebut mampu menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Silat, di Chiang Mai, Thailand tanggal 18-26 November 2012 lalu. Medali yang toreh para pendekar silat Jabar tersebut, adalah dua emas diraih Wewey Wita dan Yulinar Tikasari, satu perak diraih Wahyudi Lukman dan satu perunggu diraih Yudi Purwadiono.

Dengan tambahan dua emas dari pesilat Jabar ini, Tim Indonesia berhasil merebut juara umum dengan meraih 9 emas, empat perak dan lima perunggu. Melihat hasil tersebut, keyakinan Ika semakin kuat. Apalagi selama menjalani pemusatan latihan para atlet Jabar terus mengalami peningkatan.

''Ya harus optimistis, apalagi kan mereka terus digenjot sehingga kemampuannya semakin meningkat. Mudah-mudahan mereka bisa menyumbang medali emas untuk Jabar,” pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0843 seconds (0.1#10.140)