Pemain senior kudeta tugas pelatih Persebaya IPL

Selasa, 12 Februari 2013 - 20:43 WIB
Pemain senior kudeta tugas pelatih Persebaya IPL
Pemain senior kudeta tugas pelatih Persebaya IPL
A A A
Sindonews.com - Keputusan berani diambil pemain senior Persebaya IPL, Mat Halil. Akibat belum ada kejelasan nasib tim, pemain senior Persebaya IPL ini nekat mengambil alih posisi pelatih Ibnu Grahan. Selain kembali mengumpulkan pemain, Halil juga menyunsun program latihan mandiri.

Latihan mandiri yang digelar di Lapangan Karangayam, Selasa pagi (12/2), berbeda dari sebelumnya. Sebab, dua pemain Timnas Indonesia, Taufiq dan kiper Endra Prasetya juga ikut bergabung bersama delapan pemain lainnya.

Meski baru pulang dari memperkuat Timnas melawan Iraq dalam ajang Pra Piala Asia 2015, kedua pemain ini tidak ingin manja. Bahkan. keduanya tetap bersemangat seakan melupakan masalah tim.

Tidak hanya itu, selain kehadiran dua pemain Timnas, latihan juga tidak asal-asalan lagi. Lewat kesepakatan bersama, para pemain menunjuk Mat Halil untuk memberikan instruksi selama latihan digelar. Selain menjadi pemain paling senior di Persebaya, Halil juga sudah memegang sertifikat pelatih berlisensi C. Selama ini, Halil juga menjadi pelatih di klub internal PSSI Surabaya, El Faza.

"Teman-teman menunjuk saya untuk memimpin latihan. Tujuannya agar lebih tertata saja, kapan harus latihan fisik kapan harus berlatih teknik. Jadi tidak sekadar latihan biasa atau latihan sendiri-sendiri, " ujar Halil.

Keseriusan pemain juga terlihat dari interval latihan. Menu latihan racikan Halil berlangsung sekitar dua jam, dimulai pukul 07.30 hingga 09.30. Berbagai variasi menu fisik dan teknik dilakukan. Di awali pemanasan, crossing, shooting jarak pendek hingga latihan fisik berupa sprint jarak pendek sebanyak 10 kali. Semua pemain baru berhenti istirahat jika diperintah Mat Halil.

Halil yang bertindak sebagai pelatih, dibantu anggota perlengkapan Persebaya, Sutrisno. Pria yang akrab dipanggil Bodong ini menjalankan peran mirip asisten pelatih. Tanpa disuruh, Bodong menata bola di lapangan saat pemain akan melakukan tendangan crossing maupun shooting.

Ironisnya, pelatih Persebaya Ibnu Graham justru membiarkan para pemain berjibaku menyelamatkan tim. Meski tahu ada para pemainnya latihan sendiri, tetap memilih diam. "Belum ada latihan, para pemain cuma latihan sendiri,"ucapnya enteng.

Hingga saat ini, belum ada kejelasan nasib Persebaya setelah CEO Gede Widiade mengundurkan diri. Meski sudah bertemu langsung dengan Komisaris PT Persebaya Indonesia Saleh Ismail Mukadar dan Direktur Cholid Ghoromah tidak ada jalan keluar untuk mengatasi masalah krisis keuangan. Bahkan, janji Cholid tim sudah akan berlatih juga kembali sekadar pepesan kosong.

Daftar 11 Pemain

Endra Prasetya Kiper
Halil Belakang/Pelatih
Jefri Prasetya Belakang
Nur Fatsa Belakang
Solikin Tengah
Taufik Tengah
Ryan Wahyu Tengah
Rendi Irawan Tengah
Aulia Ardhi Tengah
Aris Alfiansyah Depan
Feri Ariawan Depan
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4372 seconds (0.1#10.140)