PSM ingin keluar dari belenggu cedera

Rabu, 13 Februari 2013 - 19:06 WIB
PSM ingin keluar dari...
PSM ingin keluar dari belenggu cedera
A A A
Sindonews.com ---Sebelum laga perdana Indonesian Premier League (IPL) musim 2012/2013 bergulir, problem cedera yang sedang dialami sejumlah pemain, sudah harus terselesaikan.

Sejak akhir Desember 2012 hingga pertengahan Februari 2013, tercatat 10 punggawa tim Juku Eja yang terkena cedera. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya sudah kembali berlatih dengan normal dan siap dimainkan dalam laga perdana PSM Makassar.

Sedangkan sisanya, masih dalam tahap penyembuhan dan diperkirakan sudah bisa dimainkan di IPL nanti. Diperkirakan masih akan ada beberapa nama lain yang bakal dihantam cedera dengan skala ringan, sedang atau berat karena berdasarkan pemeriksaan sementara.

Fisioterapis PSM Makassar Emmanuel Maulang mengatakan, dalam waktu dekat akan segera memeriksa kondisi kesehatan semua pemain. Jika ditemukan cedera ringan atau sedang akan dilakukan terapi penyembuhan.

Cedera dengan level ringan dan sedang, pengobatannya hanya memakan waktu kurang lebih satu minggu. “Tidak membutuhkan waktu lama untuk menyebuhkan cedera ringan atau sedang. Dan prosesnya juga tidak sulit,” sebutnya.

Cara penyembuhannya menurut dia, semua otot-otot yang tumbuh dengan tidak normal pasca penyembuhan, harus diurai kembali dan dikembalikan keposisi sebelumnya.

Prosesnya paling lama satu minggu. Untuk kasus berat, penyembuhannya bisa memakan waktu delapan hingga sembilan minggu. “Seperti yang dialami Rahmat dan Fadly. Waktu penyembuhannya cukup panjang karena memang cukup parah,” sebutnya.

Emmanuel optimistis, Rahmat sudah bisa dimainkan pada pertandingan ketiga atau keempat nanti. Begitu juga Fadly, diyakini bisa kembali merumput bersama rekan-rekannya dipertandingan kedua atau ketiga.

Saat ini, kedua pemain tersebut sedang dalam tahap pengobatan dan terus dipantau fisioterapis tim. Sementara itu Fadly mengaku, saat ini kondisinya berangsur-angsur membaik karena sudah bisa menendang bola.

Aktifitas yang masih sulit dilakukannya adalah berlari cepat. Apalagi dipermukaan lapangan yang tidak rata. Menurutnya, dibagian lututnya masih terasa sakit dan cukup mengganggu.

Selain latihan ringan, Fadly juga intens melakukan gym bersama rekan-rekannya di PSM. Dia berharap, kondisinya bisa segera pulih dalam agar kembali turun lapangan.

Pelatih PSM Petar Segrt juga berharap, kondisi anak-anak asuhnya segera pulih. Karena dilaga perdana, tim Juku Eja akan melakoni tiga laga tandang. “Dipertandingan pertama kedua dan ketiga, harus diisi pemain-pemain utama karena kita bermain tandang,” jelasnya.

Pria asal Kroasia ini juga bisa sedikit bernapas lega. Karena tiga pemain yang sebelumnya memperkuat timnas di Pra Piala Asia 2012, bisa kembali bergabung. “Ada perkembangan luar biasa dari Rasyid. Dia bermain sangat baik,” katanya.

Petar juga mengaku senang karena lini belakang yang selama ini dinilai kurang maksimal, sudah bisa teratasi dengan bergabungnya stoper andalan PSM I Ketut Mahendra yang juga baru pulang memperkuat timnas.

Lini yang masih butuh penyegaran adalah penjaga gawang. Petar mengatakan, membutuhkan satu kiper asing untuk mengisi posisi tersebut. “Saya butuh satu kiper Asia. Kalau keuangan klub tidak memungkinkan, lokal juga tidak ada masalah,” pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9584 seconds (0.1#10.140)