Lima atlet panahan Jabar digodok di Pelatnas

Kamis, 14 Februari 2013 - 19:49 WIB
Lima atlet panahan Jabar digodok di Pelatnas
Lima atlet panahan Jabar digodok di Pelatnas
A A A
Sindonews.com - Lima atlet panahan Jawa Barat masuk dalam program Pelatnas. Mereka digodok untuk menghadapi SEA Games Myanmar 2013.

Pelatih panahan Jabar, Rachmat Suparjo mengungkapkan, untuk Pelatnas cabor panahan masih dalam posisi 200 persen. Dari Jabar sendiri, sebanyak tujuh orang dipanggil seleksi Pelatanas. Namun, satu atlet Jabar, Andri, mengundurkan diri karena faktor kesibukan. Sedangkan atlet yang mengikuti tes sebanyak enam orang dan yang akhirnya masuk Pelatnas sementara hanya lima atlet.

''Keadaan Pelatnas saat ini sekitar 150 sampai dengan 100 persen, untuk Jabar sebenarnya tujuh atlet yang memiliki kesempatan. Tapi Andri mengundurkan diri karena sibuk, lalu enam atlet lainnya ikut tes dan atlet Jabar yang lolos Pelatnas lima orang,” kata Rachmat kepada SINDO.

Lima atlet Jabar yang masuk dalam Pelatnas tersebut dibagi dalam dua nomor. Untuk nomor recurve yaitu Hendro Suprianto, Budi Sartono dan Gina Rahayu. Sedangkan atlet untuk nomor compound yaitu Sri Ranti dan Fauzi Hokiaji.

Menurut Rachmat, nomor yang Yang diambil untuk Pelatnas hanya nomor recurve dan compound, sedangkan untuk nomor nasional tidak ditarik ke Pelatnas. Karena ditujukan untuk SEA Games, sedangkan nomor nasional puncaknya hanya di PON dan di SEA Games tidak dipertandingkan.

''Yang dipertandingkan di SEA Games hanya dua nomor saja yaitu recurve dan compound, sedangkan untuk nomor nasional tidak dipertandingkan. Puncaknya hanya di PON dan hanya untuk pembinaan saja,” katanya.

Rachmat mengaku, para atlet akan diikut sertakan dalam kejuaraan-kejuaraan yang diikuti tim panahan Indonesia. Namun puncaknya adalah event SEA Games yang akan di gelar di Myanmar.

''Ya mereka dipersiapkan untuk SEA Games mendatang, untuk kejuaraan-kejuaraan lain jelasnya saya kurang tahu juga kejuaraan apa saja yang mereka ikuti, tapi yang pasti puncaknya untuk SEA Games,” ujarnya.

Selain itu, Rachmat menuturkan, kelima atlet tersebut masih bisa turun di perhelatan akbar multi event Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016 mendatang. Dengan begitu, terpanggilnya lima pemanah Jabar yang sudah masuk dalam program pemusatan latihan semenjak awal tahun 2013 lalu menjadi keuntungan besar bagi kontingen Jabar.

Pasalnya, mereka sudah digenjot lebih awal di Pelatnas. Sehingga kemampuan mereka diharapkan bisa lebih matang dan menjadi poin tambahan nantinya saat memperkuat Jabar di PON XIX.

''Tentu, itu akan menjadi keuntungan bagi Jabar. Apalagi mereka masih bisa turun di PON Jabar. Mudah-mudahan menjadikan tambahan kekuatan bagi kontingen Jabar untuk meraih medali emas di multievent nanti,”tegasnya.

Sementara saat disinggung kendala, Rachmat mengaku sampai saat ini belum ada kendala yang berarti dalam pembinaan. Karena untuk kepengurusan sendiri sudah akan habis. Saat ini tinggal menunggu kepengurusan baru untuk melanjutkan pembinaan yang lebih intens lagi.

''Untuk sementara belum ada kendala yang berarti, kita terus melakukan pembinaan aja di akhir-akhir masa kepengurusan.” Pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6563 seconds (0.1#10.140)