India tolak menggelar Kejuaran Atletik Asia

Jum'at, 22 Februari 2013 - 00:43 WIB
India tolak menggelar Kejuaran Atletik Asia
India tolak menggelar Kejuaran Atletik Asia
A A A
Sindonews.com - Panasnya suhu politik India dan Sri Langka terbawa hingga ke dunia olahraga. Negara bagian Tamil Nadu di India menolak untuk menggelar Kejuaraan Atletik Asia, AAC, karena partisipasi atlet Sri Langka.

Kepala Menteri Tamil Nadu, Jayaram Jayalalithaa, menyatakan tidak bersedia melaksanakan kejuaraan itu. Jayalalithaa menegaskan sudah meminta kepada Asosiasi Atletik Asia, AAA, untuk tidak menyertakan atlet Sri Lanka untuk bertanding di kejuaraan tersebut karena dituduh melalukan 'pembunuhan massal' atas warga minoritas Tamil di Sri Lanka.

"Karena pemerintah belum menerima balasan yang diharapkan dari AAA, maka tidak disarankan untuk melaksanakan kejuaraan di Tamil Nadu dengan partisipasi atlet-atlet Sri Langka," seperti tertulis dalam pernyataanya, seperti dilansir bbcsport.

"Selama saya berkuasa, warga Sri Lanka tidak akan diizinkan untuk bertanding di kejuaraan dan pemerintah Tamil Nadu tidak akan ikut serta menggelar peristiwa itu."

Menurut Jayalalithaa, keikutsertaan atlet Sri Langka akan melukai perasaan warga Tamil, yang merupakan mayoritas di negara bagian yang dipimpinnya. "Selama saya berkuasa, warga Sri Lanka tidak akan diizinkan untuk bertanding di kejuaraan dan pemerintah Tamil Nadu tidak akan ikut serta menggelar peristiwa itu," pungkasnya.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari otorita atletik India maupun dari AAA untuk menanggapi pernyataan Jayalalithaa.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7310 seconds (0.1#10.140)