Bob Hippy: Pelatnas timnas BTN ilegal

Senin, 25 Februari 2013 - 13:42 WIB
Bob Hippy: Pelatnas timnas BTN ilegal
Bob Hippy: Pelatnas timnas BTN ilegal
A A A
Sindonews.com - Badan Tim Nasional (BTN) siap menggelar pelatihan nasional (pelatnas) tim nasional (timnas) Indonesia di Lapangan C, Jakarta, hari ini. Rencana itu pun ditanggapi miring oleh anggota Eksekutif Komite (Exco) PSSI, Bob Hippy. Dirinya menilai, pelatnas yang digelar BTN ilegal.

Konflik di internal PSSI terkait siapa yang berwenang mengurusi timnas Indonesia semakin memanas. Munculnya BTN yang diresmikan ketua umum (ketum) PSSI Djohar Arifin Husin dinilai ilegal oleh beberapa anggota Exco PSSI. Beberapa Exco tersebut, malah menilai pelatnas yang digelar BTN sebagai pelatnas ilegal.

Bob secara terang-terangan menentang dibentuknya BTN, ia memandang tim AD-Hoc timnas di bawah pimpinan Sihar Sitorus adalah badan yang sah dan bagi pria yang juga menjabat sebagai koordinator timnas Indonesia ini menyatakan, proses pemanggilan yang sah kepada pemain harus lewat kesekjenan PSSI.

“Surat pemanggilan harus atas tanda tangan Sekjen PSSI (Halim Mahfudz). Kalau tidak dari Sekjen, tidak benar surat pemanggilan tersebut. Yang pasti hari ini tidak ada itu pelatnas bentukan BTN. Kalau memang ada, itu pelatnas ilegal,” ungkap Bob, Senin (25/2/2013).

Tidak hanya menilai pelatnas yang akan digelar BTN ilegal, Bob juga menegaskan jika struktur kepelatihan timnas tidak ada perubahan. Menurutnya, tidak benar jika Luis Manuel Blanco telah menggantikan posisi Nilmaizar sebagai pelatih kepala timnas Garuda.

“Itu pelatih dari mana, kami saja tidak mengetahuinya. Pokonya tidak ada perubahan distruktur pelatihan timnas, mereka (pengurus BTN) hanya mengada-ada saja. Yang pasti besok itu kami belum menggelat pelatnas,” papar Bob, yang juga mantan penggawa timnas Indonesia di era 1960-an tersebut.

Sementara itu, kabar BTN akan menggelar pelatnas hari ini ditegaskan wakil II BTN Habil Marati. Pria yang sebelumnya menjabat manajer timnas Garuda diajang Piala AFF 2012 itu menuturkan, sudah ada sekitar enam pemain yang telah bergabung. Dan jumlah tersebut dipastikan akan mengalami penambahan signifikan hari ini.

“Betul, hari ini akan dimulai pelatnas di lapangan C. Data yang baru saya dapatkan, sudah ada enam orang pemain yang bergabung. Tapi jumlah tersebut dipastikan akan mengalami penambahan mulai malam kemarin,” papar Habil.

Adapun keenam pemain yang dinyatakan Habil sudah bergabung diantaranya ada Raphael Maitimo (belum memiliki klub), Husin J Rahaningmas (Persemalra Tual), Anggi (Persires Bali Devata). Tiga lainnya ada Mario Aibekop (belum memiliki klub), Musafri (Persema Malang), dan Valentino Talaubun (Bontang FC).

“Pemain-pemain ISL (Indonesia Super League) mungkin belum bisa bergabung dalam waktu dekat, karena kompetisi ISL juga sedang berjalan. Tapi pasti akan datang, karena pak Harbiansyah Hanafiah (Wakil I BTN), juga sudah ada di dalam tim BTN yang diresmikan ketua umum,” jelas Habil.

“Saya tegaskan sekali lagi, jika BTN telah final sebagai lembaga yang mengurusi timnas Indonesia. Struktur kepengurusannya juga sudah terbentuk. Dan yang lebih penting, badan ini berdiri dan di isi oleh pihak-pihak yang selama ini bersebrangan. Bisa dibilang badan yang berdiri di tengah untuk solidnya timnas Indonesia,” tutupnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6200 seconds (0.1#10.140)