Peluang Byung Yul fity-fifty

Sabtu, 02 Maret 2013 - 23:17 WIB
Peluang Byung Yul fity-fifty
Peluang Byung Yul fity-fifty
A A A
Sindonews.com - PSS Sleman belum memberi garansi kepada gelandang asal Korea Selatan Na Byung Yul menjadi skuad musim ini. Apalagi tim Elang Jawa di sektor ini sudah memiliki sejumlah pemain yang mumpuni seperti kapten Anang Hadi, Fajar Listiyantoro, Bona Simanjuntak (eks Persijap Jepara) dan Nanda Nasution.

Namun, managemen rupanya ingin pemain 5 Januari 1985 ini menjadi skuad PSS musim ini. Pertimbangannya agar tim kebanggaan publik Sleman ini 'patuh' terhadap regulasi PSSI yang memberikan kuota pemain asing Asia. "Kalau kita merekrut dia, PSS sudah menaati aturan dari PSSI terkait kuota pemakaian pemain asing dari Asia," kata Manager Operasional PSS Rumadi, Sabtu (2/3/2013).

Di sisi lain, Rumadi menambahkan, jika Byung Yul sukses diikat secara permanen bisa memberi keuntungan lebih bagi tim yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo Sleman ini. Setidaknya keberadaan pemain berusia 28 tahun ini bisa menjadi alternatif di lini tengah meski sudah bercokol nama-nama hebat lainnya. "Siapa tahu secara teknis, dia (Byung Yul) bisa berguna di tim ini," imbuhnya.

Eks pemain Persik Kediri dan Batavia Union ini sudah menjalani latihan seleksi di bawah arahan pelatih kepala Yusack Sutanto. Bahkan, pemain bertinggi 181 cm ini juga dibawa saat PSS Sleman beruji coba melawan Prasojo Gunungkidul Selection. Namun, pelatih mengakui masih terlalu pagi untuk menilai kemampuan pemain yang pernah dipanggil timnas Korea
Selatan U-20 ini.

Yusack mengakui, PSS Sleman masih membutuhkan sosok pemain yang beroperasi di sektor tengah. Namun, dia berharap jika pun menambahkan pemain tengah, diharapkan kualitasnya setara atau bahkan lebih bagus dibanding pemain tengah yang saat ini sudah resmi milik PSS Sleman. "Ya kalau lebih bagus, ya saya rekomendasikan ke managemen," akunya.

Namun, eks Pelatih Persika Karawang ini mengakui sejauh ini belum bisa menilai kemampuan Byung Yul secara komprehensif. Selain baru bergabung dalam beberapa hari terakhir, Byung Yul juga baru menjalani uji coba resmi kemarin. "Butuh waktu untuk melihat kemampuannya," imbuhnya.

Jadi, melihat kondisi saat ini, peluang pemain yang mengawali karir di Hongik University bergabung dengan PSS Sleman masih fifty-fifty. Pelatih tidak segan mencoretnya jika ekspektasinya di bawah harapan meski managemen berharap pemain ini menjadi bagian PSS musim ini.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6226 seconds (0.1#10.140)