PBB batalkan marathon di Gaza

Selasa, 05 Maret 2013 - 23:08 WIB
PBB batalkan marathon di Gaza
PBB batalkan marathon di Gaza
A A A
Sindonews.com - PBB membatalkan lomba maraton internasional di Gaza setelah Hamas melarang partisipasi perempuan. Bahkan Seorang pejabat senior Hamas membenarkan bahwa pihaknya tidak mengizinkan perempuan turun di lomba lari sejauh 42 kilometer ini.

"Dengan sangat menyesal harus kami sampaikan bahwa lomba maraton Gaza kami batalkan," demikian pernyataan badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), di Gaza City, hari Selasa (05/03/2013).

Perlombaan tadinya akan mengambil tempat di kawasan pantai Gaza pada 10 April. Badan ini juga mengatakan lebih 800 orang, hampir setengah di antaranya wanita, sudah mendaftarkan diri.

"Keputusan diambil setelah otoritas di Gaza (Hamas) bersikeras bahwa perempuan tidak boleh berlomba," tulis pengumuman tersebut

Juru Bicara UNRWA, Adnan Abu Hasna, mengatakan , 807 orang sudah mendaftar di maraton Gaza yang terdiri dari 551 pelari lokal dan 256 pelari internasional. Dari para pendaftar ini terdapat 385 perempuan, dengan rincian 266 dari Gaza dan 119 dari beberapa negara. dan sekitar 1.600 murid sekolah, baik laki-laki maupun perempuan telah menyatakan diri ikut.

"Hamas memberi tahu keputusan mereka beberapa hari lalu. Kami kemudian berunding dengan mereka, namun negosiasi tidak membuahkan hasil," kata Adnan

Sementara itu, seorang pejabat senior Hamas membenarkan bahwa pihaknya tidak mengizinkan perempuan turun di lomba lari sejauh 42 kilometer ini.

"Kami menyesalkan pembatalan acara ini. Namun pada saat yang sama, kami tidak bisa membiarkan laki-laki dan perempuan berlari bersama," kata Abdessalam Siyyam, sekretaris kabinet pemerintah Hamas di Gaza.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8259 seconds (0.1#10.140)