Sepulang away, PSM dihantam cedera parah

Kamis, 07 Maret 2013 - 14:24 WIB
Sepulang away, PSM dihantam cedera parah
Sepulang away, PSM dihantam cedera parah
A A A
Sindonews.com - Badai cedera menghantam PSM Makassar sepulang menjalani tiga laga away di Indonesian Premier League (IPL) 2012/2013. Cedera parah dialami wing bek kiri, Satrio Syam.

Cedera yang dialami mantan pemain PSMS Medan itu cukup parah. Karena terjadi pembengkakan di sekitar lutut kirinya akibat berduel dengan salah satu pemain Persibo Bojonegoro.

Fisioterapis PSM Emmanuel Maulang mengatakan, cedera yang dialami Satrio belum diketahui dengan pasti. Kemungkinannya adalah maniscus enjury, namun bisa juga cedera ligamen. ''Belum bisa ditangani karena masih harus menunggu sampai bengkaknya berkurang,” katanya.

Emmanuel memastikan, cedera yang dialami Satrio bukanlah bawaan. Diperkirakan terjadinya pembengkakkan di sekitar lututnya, akibat berbenturan dengan pemain Persibo Bojonegoro

Masih ada dua pemain PSM yang juga bermasalah yakni Hendra Wijaya cedera paha, dan Andi Oddang punggung. Khusus Satrio saat ini sedang dalam pemantauan fisioterapis PSM.

Sedangkan Oddang belum diketahui dengan pasti, karena masih bersama tim di Kalimantan Tengah (Kalteng). Sementara Hendra, kabarnya sudah kembali ke Makassar, namun belum ada penanganan dari fisioterapis tim.

Emmanuel mengatakan, cedera yang dialami beberapa pemain PSM bisa jadi karena beberapa sebab. Di antaranya, kondisi lapangan yang buruk, benturan, termasuk kemungkinan program latihan yang tidak maksimal. ''Bukan hanya satu atau dua faktor. Banyak penyebab sehingga seorang pemain terkena cedera,” ucapnya.

Sementara itu, dua pemain PSM yang sebelumnya dihantam cedera maniscus cukup parah yakni Rahmat Leo dan Fadly Manna, saat ini kondisinya sudah mulai membaik.

Khusus Fadli, sudah 100% pulih. Namun tetap dalam pemantauan fisioterapis untuk pemulihan kondisinya pasca istirahat panjang usai cedera. Sedangkan Rahmat, kondisinya juga sudah mulai membaik atau berkisar 90%. Emmanuel mengatakan, dua pemain ini sudah bisa dimainkan saat PSM akan menjalani laga home akhir Maret nanti.

Khusus Rahmat, besar kemungkinan tidak bisa dimainkan selama 2x45 menit karena masih dalam tahap pemantauan. “Bisa jadi Rahmat akan dimainkan 10 menit terakhir jelang berakhirnya pertandingan,” katanya.

Dia mengatakan, untuk menghindari cedera, awal Maret ini, akan dilakukan tes kesehatan untuk beberapa pemain PSM. “Pemeriksaan kesehatan mencakup kelenturan, kekuatan otot, termasuk kardiovaskukar,” ucapnya.

Namun untuk tahap pertama, bisa jadi hanya untuk beberapa pemain yang punya riwayat cedera. Sedangkan yang tidak punya masalah cedera, nantinya akan dimasukkan dalam pemeriksaan susulan.

Fadly Manna mengaku saat ini kondisinya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Dia optimistis, saat PSM menjalani laga away akhir Maret mendatang, dia sudah bisa main 2x45 menit.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7611 seconds (0.1#10.140)