Kontingen Indonesia rebut dua medali di Kejuaraan Asia

Senin, 27 Mei 2013 - 15:32 WIB
Kontingen Indonesia rebut dua medali di Kejuaraan Asia
Kontingen Indonesia rebut dua medali di Kejuaraan Asia
A A A
Sindonews.com - Atlet-atlet dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) berhasil mencapai target pada Kejuaraan Panjat Tebing Asia ke-21 di Teheran, Iran. Mereka berhasil masuk dalam jajaran tiga besar nomor speed asia.

Dalam kejuaraan ini, kontingen Indonesua meraih dua medali. Medali itu dipersembahkan oleh Aspar Jaylolo berhasil menjadi juara ketiga dalam nomor men speed record. Sedangkan, Tita Supita juara dua women speed record.

Aspar harus bersaing dengan 28 atlet lain dari delapan negara. Di nomer ini, dia sempat membukukan catatan waktu 6.68 detik, meski kalah dengan atlet asal Iran, Reza Alipoursena yang membukukan kecepatan 6,51 detik saat perebutan peringkat dua besar. Akhirnya Aspar bertemu dengan Amir Amimuratov dari Kazakstan,dan membukukan waktu 7.35 sebagai peringkat ke tiga.

Sedangkan Tita, harus menghadapi 27 atlet lain dari tujuh negara. Dia hanya kalah dari atlet panjat Iran dalam nomer ini. Catatan waktunya 10,00 detik, kalah dari atlet Iran dengan yang mencatat waktu 09.81 detik.

"Kita bersyukur FPTI berhasil memperoleh perak dan perunggu. Kita bangga dengan anak-anak panjat tebing, tetap berusaha walau kita tidak dibantu KONI maupun KOI,"ujar ketua umum PP FPTI, Akil Mochtar (senin 27/05).

"Dengan keterbatasan yang ada, hanya kirimkan enam atlet dan satu official kita tetap bisa merebut medali,"ujarnya.

Manajer tim Juliani,mengatakan para atlet tidak mengalami kendala berarti saat kejuaraan. Hanya saja,perbedaan bahasa seringkali membuat bingung. Selain ada juga perubahan-perubahan aturan kompetisi yang belum familiar di kalangan atlit Indonesia.

"Material fasilitas kompetisi (point) yang digunakan saat lomba sangat berbeda dengan yang biasa mereka gunakan saat berlatih di Indonesia, sempat ragu dan kurang percaya diri,"ujarnya.

Indonesia akan jadi tuan rumah ASIAN CHampionsip pada 2014, di Lombok, NTB. Sementara akhir tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah ASIAN YOUTH Championsip, yang rencana akan digelar di Surabaya.
(wir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6427 seconds (0.1#10.140)